RAMAI: Liburan panjang dimanfaatkan warga untuk berwisata belanja di sejumlah mal dan toko di Salatiga, kemarin. (DHINAR SASONGKO/JAWA POS RADAR SEMARANG)
RAMAI: Liburan panjang dimanfaatkan warga untuk berwisata belanja di sejumlah mal dan toko di Salatiga, kemarin. (DHINAR SASONGKO/JAWA POS RADAR SEMARANG)

SALATIGA–Libur panjang Natal dan Tahun Baru serta liburan sekolah, banyak dimanfaatkan warga untuk berwisata belanja. Tidak hanya belanja barang, namun juga wisata kuliner menjadi salah satu buruan di saat libur. Apalagi saat ini tengah digelar pesta diskon oleh toko – toko peserta Salatiga Shopping Festival (SSF). Hal ini menambah ramai transaksi jual beli di Salatiga.

“Kali ini cukup ramai. Permintaan masyarakat akan barang memang sangat tinggi dibandingkan tahun sebelumnya,” jelas Muthoin, Kepala Disperindagkop dan UMKM Kota Salatiga saat ditanya mengenai kemeriahan liburan tahun ini.

Muthoin menambahkan, jika keramaian yang ada kali ini seakan menjadi obat setelah beberapa lama perekonomian sempat lesu. Bahkan harga sejumlah sembako sudah melesat dan ada yang melebihi prediksi. “Kami memprediksi kenaikan harga sekitar 5 persen, tetapi nyatanya banyak barang yang jumlahnya terbatas dengan permintaan tinggi membuat harganya melonjak,” jelas Muthoin.

Namun dengan adanya program SSF, sangat menguntungkan bagi masyarakat. Karena terdapat promo khusus diberikan oleh toko-toko peserta SSF. “Dengan adanya SSF ini, masyarakat bisa memilih tempat – tempat yang menggelar promo, sehingga bisa mendapatkan barang yang diinginkan dengan harga yang hemat,” terang Ratna saat ditemui Jawa Pos Radar Semarang tengah berbelanja di salah satu toko peserta SSF.