PT Pelni Buka Trayek Semarang-Karimunjawa dan Makassar

334

SEMARANG – Sesuai dengan permintaan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, PT Pelni membuka trayek baru Semarang-Karimunjawa mulai 9 Januari 2016 mendatang. Keberangkatan yang dijadwalkan setiap dua minggu sekali ini menggunakan KM Leuser berkapasitas 900 penumpang.

Kepala Cabang Semarang PT Pelni Masrul Khalimi menerangkan, rute baru ini digadang-gadang menjadi solusi Kemenhub yang menilai masih minimnya alat transportasi ke Karimunjawa. KM Leuser boleh dibilang punya jadwal pasti meski meski dalam cuaca buruk. Sebab, kapal cepat ini bisa tahan meski ketinggian ombak mencapai lima sampai enam meter.

“Sekarang ada kepastian alat transportasi menuju Karimun. Sebab, biasanya pada cuaca buruk kapal-kapal kecil tidak boleh beroperasi menuju pulau tersebut dan yang ada di pulai itu akan terisolasi. Dengan KM Leuser wisatawan akan mendapatkan kepastian alat transportasi,” ucapnya.

Mengenai estimasi waktu, KM Leuser butuh waktu sekira 4-5 jam dari Pelabuhan Tanjung Emas menuju Karimunjawa memakan. Pelayaran perdana akan berangkan dari Pelabuhan Tanjung Emas pukul 01.00 dan dijadwalkan tiba 06.00.

Harga tiket, lanjutnya, dari Semarang ke Karimunjawa Rp 142.000 untuk dewasa, anak Rp. 104.000, dan bayi Rp 22.300. Sementara trayek sebaliknya secara berurutan Rp 135.000, Rp 97.000, dan Rp 15.300. Sementara untuk paket pulang pergi (PP) untuk dewasa Rp 277.000, anak Rp 201.000, dan bayi Rp 37.300. Nanti dalam perjalanan pulang dari Karimun Jawa penumpang akan mendapatkan fasilitas makan malam.

Masrul menerangkan, selain rute wisata tersebut, PT Pelni juga akan membuka rute langsung Semarang-Makassar dengan KM Ciremai. Rencananya launching perdana pelayaran tersebut akan dilaksanakan 5 Januari 2016 mendatang. “Ini untuk melayani rute di wilayah Indonesia Timur termasuk Papua. Selama ini, untuk menuju area tersebut harus transit ke Surabaya dulu,” imbuhnya. (amh/smu)