RELATIF NORMAL: Antrean pembelian tiket kereta api di Stasiun Poncol Semarang, kemarin. (NUR CHAMIM/JAWA POS RADAR SEMARANG)
RELATIF NORMAL: Antrean pembelian tiket kereta api di Stasiun Poncol Semarang, kemarin. (NUR CHAMIM/JAWA POS RADAR SEMARANG)

SEMARANG – Lonjakan jumlah penumpang kereta api (KA) saat libur panjang Natal dan Tahun Baru saat ini relatif rendah. Bahkan jumlah penumpang KA di dua stasiun di Kota Semarang, yakni Poncol dan Tawang relatif normal. Dari pantauan Jawa Pos Radar Semarang, suasananya nyaris seperti hari-hari biasa. Meski begitu, di parking lot kendaraan roda dua tampak cukup padat. Bisa jadi, motor itu milik penumpang kereta api yang sengaja ditinggal hingga kembali ke Semarang.

Dari data PT KAI Daerah Operasi (Daops) IV Semarang, sempat terjadi lonjakan penumpang di Stasiun Poncol pada Kamis (24/12) lalu. Tercatat ada 7.461 penumpang naik dan 5.275 penumpang turun. Sehari sebelumnya, atau hari kerja terakhir menjelang libur panjang, Rabu (23/12), ada 6.448 penumpang naik dan 6.112 penumpang turun.

Sementara di Stasiun Poncol, penumpang naik mencapai 5.977 orang, dan 3.028 penumpang turun pada Rabu (23/12). Dan pada Kamis (24/12), terdapat 4.359 penumpang naik dan 3.958 penumpang turun. ”Hingga sore ini (kemarin, Red), volume penumpang di Stasiun Tawang dan Poncol belum bisa direkap,” ucap Manajer Humas PT KAI Daops IV Semarang Gatut Sutiyatmoko kepada Jawa Pos Radar Semarang, kemarin.