SALATIGA-Sebanyak 346 wajib pajak (WP) yang merupakan pelaku usaha di Kota Salatiga, mendapatkan penghargaan dari Pemerintah Kota (Pemkot) Salatiga, Senin (21/12) kemarin. Penghargaan diserahkan Wali Kota Salatiga Yuliyanto kepada perwakilan WP sebagai bentuk terimakasih kepada pelaku usaha yang taat membayar pajak daerah.

Kepala DPPKAD Kota Salatiga, Fakruroji mengatakan bahwa para wajib pajak yang mendapatkan penghargaan terdiri atas 6 jenis pajak. Di antaranya, jenis pajak reklame sebanyak 138 wajib pajak, pajak parkir sebanyak 16 wajib pajak, pajak air tanah sebanyak 23 wajib pajak, pajak hiburan yakni 38 wajib pajak, pajak restoran sebanyak 63 wajib pajak, dan pajak hotel sebanyak 68 wajib pajak.

Penyerahan penghargaan ini bersamaan dengan undian hadiah Pajak Daerah Tahun Pajak 2015. Hadiah utama yaitu sebuah sepeda motor Mio yang diundi langsung oleh Wali Kota Salatiga dan dimenangkan oleh Hotel Grand Wahid.

Dalam sambutannya, Wali Kota Yuliyanto mengatakan bahwa jumlah penerimaan pajak daerah di Kota Salatiga mengalami kenaikan cukup signifikan. Pada tahun 2011, penerimaan pajak daerah sebesar Rp 15,9 miliar, kemudian pada tahun 2014 mengalami peningkatan sampai 211 persen yakni menjadi sebesar Rp 33,57 miliar. Sedangkan pada tahun 2015 ini, penerimaan pajak daerah diperkirakan akan mencapai lebih dari Rp 36 miliar.

“Ini semua tidak terlepas dari kesadaran, ketaatan dan peran aktif masyarakat selaku wajib pajak dalam membayar pajak. Oleh karenanya, saya mengucapkan terima kasih sekaligus berharap agar para wajib pajak yang taat ini dapat mendorong warga masyarakat di lingkungan masing-masing untuk turut serta taat membayar pajak,” terang Yuliyanto. (sas/ida)