MENARIK: Penampilan dari alumni PBSI Upgris dalam acara musikalisasi puisi, kemarin. (EKO WAHYU BUDIYANTO/JAWA POS RADAR SEMARANG)
MENARIK: Penampilan dari alumni PBSI Upgris dalam acara musikalisasi puisi, kemarin. (EKO WAHYU BUDIYANTO/JAWA POS RADAR SEMARANG)

KARANGTEMPEL – Pembacaan puisi biasanya dilakukan tanpa adanya pengiring atau lantunan musik. Namun kemasan berbeda disuguhkan oleh alumnus Universitas PGRI Semarang (Upgris), kemarin.

Ketua Jurusan Pascasarjana Universitas PGRI Semarang (Upgris), Harjito, menjelaskan, puisi yang ditampilkan dalam kemasan berbeda akan membuat pembelajaran dan apresiasi puisi menjadi lebih menarik dan atraktif. ”Selain itu, lewat musikalisasi mahasiswa bisa ikut terpantik gairah untuk ikut kreatif,” kata Harjito, Rabu (23/12).

Dikatakan Harjito, puisi sebagai bagian dari karya sastra kerap dianggap sulit dan memusingkan untuk diapresiasi karena bahasanya yang berlapis. Musikalisasi ini tentu membuat proses apresiasi bisa lebih menyenangkan.

Pada pementasan tersebut juga dimeriahkan oleh penampilan dari alumni kampus tersebut. Tidak hanya bernyanyi, mereka juga menyuguhkan musikalitas yang diiringi pembacaan puisi. Dikatakan Harjito, ia sengaja mengundang alumni untuk tampil sebagai motivator untuk mahasiswa yang masih duduk di bangku kuliah di kampus itu.