Kerahkan 450 Personel Aparat

147

PEKALONGAN-Polres Pekalongan Kota akan mengerahkan 450 personel gabungan dalam pengamanan Natal dan Malam Tahun Baru 2016. Hal tersebut disampaikan saat menggelar apel persiapan, di Mapolres Pekalongan Kota, Rabu (23/12) kemarin.

Kapolres Pekalongan Kota, AKBP Luthfie Sulistiawan melalui Kabag Ops, Kompol Hartono menjelaskan bahwa personel gabungan tersebut terdiri atas anggota Polri yang dibantu Pemkot Pekalongan serta Pamswakarsa dan SAR. “Untuk Polri, kami mengerahkan 251 anggota yang di-back up oleh instansi terkait,” jelasnya.

Instansi terkait yang dimaksud adalah TNI ada 30 personel atau satu peleton. Satpol PP 1 peleton atau 25 orang, Dishub 25 orang, Linmas 1 peleton, Banser 35 dan SAR.

Khusus Banser, Polres akan memperbantukan di gereja-gereja besar yang menggelar Natalan dengan massa banyak. Sedang untuk tim SAR, dari Kanzus, Jaga Samudara, dan Sotong ditempatkan ke tempat wisata terutama sepanjang pantai di Kota Pekalongan.

Diungkapkan pula, untuk mendukung kegiatan para personel Polres mendirikan Pos Khusus. Seperti Pos Pama di Jalan dr Cipto dan dr Sutomo. Juga membuat Pos Yan di THR untuk memudahkan pantuan di 17 gereja yang menggelar Natalan di Kota Pekalongan.

Terkait titik rawan, pihaknya akan tetap koordinasi dengan intelejen terkait. Namun tetap akan waspada, terutama pada gereja yang menggelar perayaan dengan massa cukup besar.

Sementara itu, khusus pengamanan malam tahun baru, Polres akan melakukan kanalisasi massa di dua tempat favorit masyarakat, yaitu di Lapangan Mataram dan Jatayu. “Kami juga mengimbau kepada warga masyarakat. Saat perayaan nanti, tetap harus bertoleransi dan menghormati antara warga,” ujarnya.

Juga diharapkan, saat menggelar pergantian tahun baru jangan berlebihan dan berwewah-mewah. Yang lebih penting jangan mengonsumsi minuman keras dan obat-obatan terlarang, agar suasana bisa lebih kondusif. (han/ida)