ilustrasi rampok

SEMARANG – Kawanan perampok kurang lebih berjumlah 18 orang menyatroni sebuah warung kopi di Jalan Parang Kembang, Tlogosari, Semarang, Kamis (17/12) lalu. Para pelaku beraksi beringas dengan menghunus senjata tajam jenis parang.

Akibat perampokan tersebut, sebuah motor Honda Revo H 6553 IY berikut STNK, uang tunai dan dua tabung gas elpiji 12 kg di warung kopi tersebut digasak. Korban baru melaporkan aksi kejahatan tersebut pada Sabtu (19/12) sore, di Mapolrestabes Semarang.

Pelapor dan saksi dalam kejadian perampokan adalah dua karyawan yang bekerja di warung kopi tersebut. Mereka adalah Muh Mustain, 18, dan Rizal, 18. ”Pelakunya kurang lebih berjumlah 18 orang,” kata Rizal kepada petugas di Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polrestabes Semarang, belum lama ini.

Diceritakannya, insiden perampokan itu bermula sekitar pukul 02.00. Saat itu, dua saksi hendak menutup warung milik Riani, 47, warga Jalan Simongan nomor 15 Semarang tersebut. Namun tiba-tiba keduanya dikagetkan adanya kedatangan para remaja yang mengendarai motor. ”Awalnya kami mengira bahwa mereka pelanggan warung,” kata Rizal.

Namun demikian, rombongan pelaku mendadak mengeluarkan senjata tajam jenis parang dari balik jaket. ”Mereka meminta kunci secara paksa sambil mengancam. ’Serahkan kunci warung jika ingin hidup,” ungkap Mustain menirukan ucapan pelaku.

Kedua saksi mengaku ketakukan karena jumlah pelaku sangat banyak. Terlebih saat itu salah satu pelaku menodongkan senjata tajam ke bagian perut saksi. ”Kami ketakutan, terpaksa kunci warung saya serahkan kepada pelaku. Senjata tajamnya terus ditempelkan di bagian perut,” imbuh saksi.

Menurut keterangan saksi, di antara pelaku ada yang dikenali identitasnya. Sehingga saksi mengaku takut melapor. ”Pelaku mengambil sejumlah uang tunai di dalam laci meja kasir,” imbuhnya.

Hingga saat ini, kasus perampokan tersebut ditangani oleh tim Reskrim Polrestabes Semarang. Saksi telah dimintai keterangan untuk mengusut dan menangkap para pelaku yang terlibat dalam aksi perampokan tersebut. (amu/zal/ce1)