BATANG-Sebanyak 300 personel dari Polres Batang dan TNI Kodim 0736 dibantu warga akan mengamankan Natal dan Tahun Baru 2016. Pengamanan dilakukan meliputi 22 gereja dan rumah ibadah.

“Mari kita jaga bersama perayaan Natal dan Tahun Baru 2016 untuk saling mengingatkan demi mewujudkan Batang aman dan kondusif,” kata Kapolres Batang, AKBP Joko Setiono kepada Jawa Pos Radar Semarang, Kamis (17/12) kemarin.

Dalam merayakan kali ini, pihaknya mengimbau kepada masyarakat agar tidak ugal-ugalan di jalan raya dan konvoi. Selain itu, dilarang naik truk dengan penumpang yang melebihi kapasitas, karena dikhawatirkan menimbulkan kecelakaan.

Meski begitu, imbuhnya, menelang perayaan kali ini, lintas jalur pantura terbilang lancar. Namun ada titik-titik konsentrasi massa yang ingin meramaikan pesta tahun baru yang patut diwaspadai. “Dalam hal ini, saya sudah memerintahkan jajaran untuk mengantisipasinya. Masyarakat jangan terpengaruh isu-isu negatif dari daerah lain yang mengganggu keamanan wilayah Batang,” lanjutnya.

Sementara itu, Kabag Ops Polres Batang, Kompol Sigit Martanto mengatakan bahwa rencana pengamanan Natal 2015 dan Tahun Baru 2016, Polres Batang akan menerjunkan 300 personel yang akan disebar di sejumlah pos pelayanan dan pos pengamanan.

Di antaranya 2 pos pelayanan ditempatkan di Alun-Alun Batang dan Banyuputih, pos pengamanan di Alun-Alun Batang, 10 gereja se-Kabupaten Batang dan pusat keramaian serta objek wisata yang dikunjungi masyarakat wisata.

“Polres Batang beserta jajarannya akan bekerjasama dengan instansi terkait termasuk Dinas Perhubungan. Kami siap melaksanakan Operasi Lilin Candi 2015 dalam rangka pengamanan perayaan Natal 2015 dan Tahun Baru 2016,” tandasnya. (mg29/ida)