Hari Ini, Pleno Rekapitulasi Penghitungan Suara Pilwalkot

213

SEMARANG – Rabu (16/12) hari ini, KPU Kota Semarang akan menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan suara pilwalkot di Balai Kota Semarang. KPU menegaskan tidak akan menggelar pemungutan suara ulang (PSU) di TPS 10 Kelurahan Bandarharjo, Semarang Utara.

”Rabu besok, (hari ini, 16/12) kami akan menggelar pleno rekapitulasi penghitungan suara sekaligus pengumuman perolehan suara terbanyak. Kalau penetapan pemenang, berikutnya jika tidak ada gugatan. Kalau ada gugatan ya nanti menunggu keputusan Mahkamah Konstitusi (MK),” ungkap Ketua KPU Kota Semarang, Henry Wahyono kepada Jawa Pos Radar Semarang, Selasa (15/12) kemarin.

Dia mengatakan, sesuai PKPU, pleno rekapitulasi yang digelar secara terbuka nantinya akan mengundang saksi dari pasangan calon, panwas, panitia pemilihan kecamatan (PPK), dan muspida. Sedangkan proses rekapitulasi yang sebelumnya telah dimulai dari tingkat bawah hingga KPU kota sudah dilakukan sesuai regulasi. ”Rekapitulasi ini sudah dilakukan mulai dari tingkat kelurahan, kecamatan hingga kota, dan tidak ada persoalan,” katanya.

Pihaknya juga menegaskan tidak ada pemungutan suara ulang (PSU) terkait adanya pelaporan dari salah satu paslon dengan dugaan adanya penggelembungan suara di TPS 10. Menurutnya, peristiwa tersebut tidak ada bukti kuat, dan dinilai penuh kejanggalan. ’Hasil dari KPU RI juga telah membenarkan langkah KPU Kota Semarang. Sehingga tidak ada PSU,” tegasnya.

Terpisah, anggota Panwas Kota Semarang, Bekti Maharani, mengakui akan menghadiri kegiatan pleno rekapitulasi yang dilakukan oleh KPU Kota Semarang. Namun demikian, pihak panwas masih terus melakukan kajian terkait adanya pelaporan yang dilakukan oleh paslon. ”Kami akan menghadiri (rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan suara, Red). Nanti kalau ada yang keberatan bisa disampaikan,” katanya. (mha/aro/ce1)