Cabor Sepak Bola Porwanas Diikuti 11 Tim

189

SEMARANG – Cabor sepak bola akhirnya akan dipertandingkan di ajang Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) XII yang akan digelar di Bandung Jawa Barat bulan Juli 2016 mendatang.

Sebelumnya, tuan rumah Jawa Barat enggan memainkan cabor paling bergengsi itu pada Porwanas mendatang. namun akhirnya dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Siwo (Seksi Wartawan Olahraga) PWI di Ambon, Maluku 11-13 Desember 2015 kemarin akhirya memutuskan cabor sepak bola dipertandingkan.

“Jadi dalam Rakernas kemarin 11 Siwo PWI yang ada di Indonesia mengusulkan agar sepak bola tetap dipertandingkan akhirnya sepak bola positif dipertandingkan dalam Porwanas 2016,” kata Ketua Siwo PWI Jateng, Sigit Pramono dihubungi kemarin.

Yang menarik, 11 Siwo PWI yang otomatis menjadi peserta cabor sepak bola tersebut justru minus tuan rumah Jabar. Mereka adalah Sumsel, Babel, Papua, Kalteng, DKI Jakarta, Kalsel, Riau, Jatim, Silsel, DI Jogjakarta dan Jateng sendiri.

“Untuk cabor sepak bola pada Porwanas mendatang hanya diikuti oleh pemain dengan usia 27 tahun keatas. Pertandingan juga menggunakan sistem gugur. Memang awalnya Jabar dari awal keberatan mempertandingkan sepak bola,” sambung Sigit.

Dengan dipertandingkannya sepak bola, berarti total akan ada 10 cabor yang dipertandingkan dalam Porwanas 2016. Sembilan cabor lainnya adalah atletik, bulu tangkis, futsal, bridge, catur, tenis meja, biliar, boling dan juga tenis lapangan.

Untuk cabor atletik akan memainkan dua nomor yaitu lari 3.000m (usia 27-45) dan lari 5.000m (46 tahun keatas). Bulu tangkis ada tiga kelompok yaitu usia 27-39 tahun, 40-49 tahun dan 50 tahun ke atas begitu juga dengan tenis meja dan tenis lapangan memainkan kelompok umur yang sama.

Kemudian pada cabor futsal akan dipertandingkan dua kelompok yaitu usia 27-39 tahun dan 40 tahun keatas,”Untuk cabor boling dan bridge belum ditentukan mata lombanya, kemungkinan baru Januari 2016 ditentukan,” sambungnya.

Lebih lanjut Sigit menambahkan dalam Rakernas yang dihadiri 26 Siwo dari total 34 Siwo PWI se-Indonesia itu juga memutuskan dalam Porwanas mendatang akan digelar beberapa lomba di luar kegiatan olahraga yaitu lomba karya tulis jurnalistik, foto jurnalistik dan reportase radio. (bas)