Oleh: Candra Purnama

USAHA Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan pelaku ekonomi nasional yang mempunyai peran yang sangat penting dalam pembangunan perekonomian. Sebab, kegiatan usahanya mampu memperluas lapangan kerja dan memberikan pelayanan ekonomi secara luas kepada masyarakat.

UMKM sebagai salah satu pilar utama ekonomi nasional yang memberikan kontribusi dalam pertumbuhan ekonomi mendominasi lebih dari 95 persen struktur perekonomian nasional. Di tengah tuntutan kemampuan bersaing di dalam negeri yang masih dilindungi proteksi pemerintah, UMKM harus mampu menghadapi persaingan gobal yang berasal dari berbagai bentuk usaha mendorong integrasi pasar antarnegara dengan seminimal mungkin hambatan. Maka UMKM perlu memperoleh kesempatan, dukungan, perlindungan produk dan pengembangan usaha seluas-luasnya sebagai wujud keperpihakan yang tegas kepada kelompok usaha ekonomi rakyat.

UMKM memiliki fungsi yang sangat strategis baik secara sosial ekonomi maupun sosial politik. Pertama, fungsi sosial ekonomi sektor ini antara lain menyediakan barang dan jasa bagi konsumen berdaya beli rendah sampai sedang, menyumbangkan lebih dari sebagian pertumbuhan ekonomi. Kedua, fungsi sosial politis fungsi sektor ini juga sangat penting terutama dalam penyerapan tenaga kerja serta upaya pengentasan kemiskinan, karena sifat sebarannya dan keterkaitannya yang erat dengan sektor kuliner juga sangat potensial untuk mendorong kemajuan ekonomi pedesaan.

Melihat peran dan potensinya yang demikian besar, sangat beralasan untuk mengembangkan UMKM ini semaksimal mungkin guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat, sekaligus mendukung pertumbuhan perekonomian daerah. Kiranya pemerintah memandang perlu untuk membantu memenuhi kebutuhan dan fasilitas perizinan yang UMKM perlukan dalam rangka mengadapi tantangan cukup berat diera persaingan bisnis saat ini.

Daya saing dan kemampuan UMKM perlu lebih ditingkatkan agar dapat memanfaatkan sistem perdagangan bebas yang berlangsung saat ini. Sistem itu dapat dimanfaatkan sebagai peluang untuk memperkenalkan produk-produk unggulan mereka di pasar global, ikut serta bahkan berperan secara nyata dalam sistem tersebut.