Peserta Bintek MGMP Bahasa Jawa Ciptakan Best Practices

251

2-SOCIETY GURU-web

SEBAGAI organisasi yang mewadahi aktivitas guru Bahasa Jawa, maka musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) Bahasa Jawa SMP Kota Semarang terus berbenah. Pada 2015, MGMP Bahasa Jawa SMP Kota Semarang kembali mendapatkan bantuan blockgrant dari Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemdikbud sebesar Rp 28 juta. Bantuan tersebut merupakan upaya pemerintah meningkatkan peran MGMP dan karir guru. Sebagai penerima bantuan, MGMP Bahasa Jawa bersama MGMP seluruh Indonesia dikumpulkan di Grand Serpong Tangerang guna bimbingan teknis pemberian bantuan.

Menurut Ketua MGMP Bahasa Jawa SMP Kota Semarang, Tukijo SPd, sebagai follow up dari bantuan yang dikucurkan pemerintah, maka MGMP diberi waktu sekitar 2 minggu untuk melaksanakan kegiatan yang sudah diajukan sesuai proposal pengajuan.

Untuk kegiatan MGMP Bahasa Jawa Kota Semarang telah dilakukan dengan system in-on-in dengan 8 narasumber yang berkompeten. Kegiatan diikuti oleh 30 guru bahasa Jawa SMP/MTs negeri dan swasta, yang bertempat di SMPN 39 Semarang mulai 26 November hingga 5 Desember. Kegiatan di dalamnya meliputi kebijakan dinas, peningkatan karir guru, pemahaman PKG/PKB, mode pembelajaran, media pembelajaran, penyusunan bahan ajar, teknik evaluasi pembelajaran, dan penulisan karya ilmiah.