Sri Puryono (DOK/RASE)
Sri Puryono (DOK/RASE)
Sri Puryono (DOK/RASE)
Sri Puryono (DOK/RASE)

SEMARANG – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah terus didorong untuk melakukan hilirisasi industri. Hal ini penting dilakukan sebagai upaya untuk menguatkan perekonomian di provinsi ini.

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Sri Puryono mengatakan, hilirisasi industri akan memberikan banyak keuntungan. Di antaranya memberikan nilai tambah komoditas ekspor dan menyerap lebih banyak tenaga kerja. “Seperti industri mebel, garmen serta pangan, ini merupakan produk-produk unggulan ekspor Jawa Tengah. Jangan sampai produk-produk tersebut kita ekspor dalam bentuk barang setengah jadi apalagi bahan mentah,” ujarnya, beberapa waktu lalu.

Namun demikian, untuk mengolah bahan baku hingga menjadi produk dengan nilai tambah juga diperlukan teknologi serta modal yang lebih besar. Terkait hal ini ia mengaku dukungan perbankan di Jawa Tengah sudah cukup baik. Menurutnya, perbankan saat ini membuka peluang seluas-luasnya untuk memberikan kredit. “Dukungannya cukup besar, jadi tidak ada alasan tidak ada modal,” tegasnya.