KENDAL—Penghitungan surat suara formulir C1 masih dilakukan rekap di tingkat panitia pemilihan kecamatan (PPK). Dari hasil rekap pasangan Mirna Annisa-Masrur Masykur sementara ini unggul dengan prenstase 61,33 persen.

Data tersebut merupakan hasil rekapan yang diunggah di situs resmi KPU hingga Kamis (10/12) kemarin. Dengan tingkat data yang masuk sebesar 74,96 persen atau sebanyak 1.198 dari total 1.785 TPS. Itu artinya, sulit bagi pasangan nomor satu, yakni Widya Kandi Susanti-Muhamad Hilmi untuk mengejar ketinggalan suara tersebut.

Apalagi, dari data yang masuk sementara paslon nomor dua unggul diseluruh kecamatan. Cabup Widya yang menyandang sebagai calon incumbent tidak satu kecamatan pun yang suaranya bisa mengungguli Mirna.

“Secara umum hasilnya memang sudah sesuai dengan apa yang sudah diunggah di situs pilkada 2015.kpu.go.id/kendal/. Memang sementara yang unggul adalah pasangan nomor dua,” ujar Komisioner KPU Kendal, Hevy Indah Oktaria.

Salah satu daerah yang dimana terjadi perbedaan mencolok hasil suara kedua pasangan adalah di Kecamatan Cepiring. Dimana Paslon Manis Beryukur mendapatkan suara 1.298 (74,51 persen) sedangkan Wali hanya mendapatkan suara 444 buah (25,49 persen).

Di Kaliwungu yang sebenarnya menjadi daerah basis cawabup Hilmi yang dipasangkan dengan Widya, pasangan nomor satupun juga kalah. Pasangan nomor satu mendapatkan 13.756 suara (46,70 persen). Sedangkan mendapatkan paslon diluar dugaan unggul dengan perolehan sebanyak 15.697 suara (53,30 persen).

Perbedaan suara mencolok juga nampak di Kecamatan Ngampel, Pasangan nomor satu hanya mendapatkan 942 suara (26,36 persen). Sementara pasangan nomor dua memperoleh jauh diatas Wali yakni 2.632 suara (73,64 persen). “Rekap akan selesai besok (hari ini, Red), meski sebab masih ada beberapa kecamatan yang masih melakukan rekap suara,” tandasnya.

Sementara Cabup Mirna mengaku sangat berterima kasih atas kepercayaan rakyat Kendal. Ia berharap, seluruh lapisan masyarakat tetap akan mengawalnya hingga lima tahun kedepan untuk Kendal lebih baik. “Sebab sekali lagi ini adalah kemenangan rakyat. Saya ini bukan apa-apa tanpa rakyat,” katanya.

Pasangan Manis Bersyukur dalam Pilkada ini diusung oleh Partai Gerindra, Partai Hanura, PAN, PKS dan didukung oleh PPP dan Partai Perindo. “Ini adalah bukti rakyat Kendal sudah cerdas dalam memilih pemimpinnya,” ujar Ketua DPD PAN Kendal, Sakdullah. (bud/zal)