Selain kandang rusa, kandang harimau kondisinya juga tak kalah memprihatinkan. Bagian atap kandang sudah mulai keropos. Maklum, kandang harimau tersebut sudah sangat lama, peninggalan dari Tinjomoyo. Hingga kini belum ada perbaikan atau penggatian. ”Tahun anggaran 2016 nanti semua kandang akan diperbaiki. Kita sudah ajukan anggaran,” katanya.

Kusyanto menambahkan, tahun ini kandang gajah sudah dilakukan perbaikan. ”Semula kandang itu tidak layak karena bocor, tetapi sekarang mulai diperbaiki secara bertahap,” terangnya.

Untuk tiket masuk di Taman Margasatwa kota Semarang pada 2016 mendatang akan naik menjadi Rp 7.500 yang semula Rp 5.000. ”Hari libur maupun hari biasa tetap sama tidak ada perbedaan,” akunya. Tahun anggaran 2016, pihaknya sudah menaikkan anggaran perawatan dan pakan untuk satwa TMS Mangkang, dari Rp 830 juta menjadi Rp 1 miliar.

Sementara itu para pengunjung Bonbin Mangkang berharap ada peningkatan fasilitas dan sarpras. Menurut Yanti, 31, salah seorang pengunjung, kondisi satwa masih ada yang memprihatinkan. Seperti macan, kondisinya kurus. Beberapa fasilitas kandang juga perlu perbaikan. ”Banyak fasilitas yang harus diperbaiki, kandang dan kondisi hewannya. Karena saya melihat macannya kok kurus, malah kasihan, kaya kurang dikasih makan,” tandasnya. (hid/zal/ce1)