Gemar Makan Ikan dari Keluarga

123

SALATIGA – Memperingati Hari Ikan Nasional ke-2, Kota Salatiga menggelar Festival Bakar Ikan. Festival ini digelar untuk mempromosikan pentingnya anak-anak mengonsumsi ikan. Ikan sangat banyak manfaatnya bagi kesehatan dan tumbuh kembang anak. Selain itu juga membantu perkembangan otak anak, yang berpengaruh pula pada kecerdasan.

Bakar ikan dilaksanakan di Kebun Pembibitan Provinsi Jawa Tengah Jalan Soekarno-Hatta Noborejo Argomulyo, (11/12). Ir Husnani, Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan (Dispertankan) menjelaskan, Festival Bakar Ikan ini selain untuk mempromosikan pentingnya anak-anak mengonsumsi ikan juga meminta agar para orangtua mengkampanyekan Gerakan Gemar Makan Ikan (Gemarikan) dari keluarga sendiri.

Selain pencanangan Gemarikan tingkat Kota Salatiga, Dispertankan juga mengenalkan bahwa kebun pembibitan milik Provinsi Jawa Tengah tersebut bisa dimanfaatkan sebagai ruang terbuka hijau. Husnani menjelaskan, lokasi tersebut memiliki jogging track. “Lokasi ini sangat sejuk sehingga pecinta jogging bisa senang karena kesejukan udaranya. Selain itu tempat ini juga memiliki bagian sayuran hidroponik,” katanya.

Para pegawai akan menerima warga yang ingin belajar tentang bagaimana cara menanam sayuran dengan metode hidroponik. Dia berharap warga Salatiga bisa memanfaatkan fasilitas tersebut.

Sementara itu Wali Kota Salatiga Yuliyanto menyambut baik kegiatan tersebut. “Jika masyarakat gemar makan ikan dan menjadi sehat tentu aktifitas akan berjalan baik,” ujarnya. Dia menambahkan, dengan makan ikan, anak-anak menjadi semangat belajar dan menjadi pintar. Demikian pula orang tua yang sehat, kerja mereka juga akan semangat dan lebih produktif. “Oleh karena itu bapak-bapak juga harus makan ikan yang banyak jangan mau kalah pintar dari anaknya,” pesan Yuliyanto.

“Sudah kita ketahui bersama bahwa kandungan gizi ikan sangat bagus untuk tubuh. Mari kita sukseskan gerakan makan ikan tahun 2015 ini,” katanya. (sas/ric)