KENDAL – Jumlah angka kelahiran bayi di Kabupaten Kendal masih terogolong tinggi. Berdasar catatan Badan Pemberdayaan Perempuan dan Kaluarga Berencana (BPPKB) Kabupaten Kendal, angka kelahiran masih di atas rata-rata 2,4 angka kelahiran perharinya.

“Kalau idealnya ya 2,1,” kata Kepala BPPKB Kabupaten Kendal Diah Aning Budiarti, disela acara Orientasi Pergerakan Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga, di Pendopo Kabupaten Kendal.

Untuk menekan angka kelahiran, perlu adanya kerjasama dari berbagai pihak yakni Pemkab Kendal, hingga tingkat kecamatan dan desa. “Alokasi dana desa (ADD) pun bisa dimanfaatkan untuk mensukseskan KB. Tujuannya tentu membantu pemerintah untuk menekan angka kelahiran,” tambahnya.

Menurutnya, banyak program dari BPPKB yang bisa digabungkan dengan pihak desa, diantaranya kegiatan yang melibatkan forum-forum remaja dan program bina keluarga. Hal ini dikarenakan Aning, sosialisasi KB bukan fokus pada pasangan usia subur, tetapi juga kepada usia remaja guna menekan angka pernikahan usia dini.

Tepisah, Penjabat (Pj) Bupati Kendal Kunto Nugroho melalui Asisten Ekonomi dan Pembangunan Herudy Soekamto, menerangkan jika pelaksanaan KB di Kendal cukup menunjukkan perkembangan yang cukup baik, dilihat dari penurunan rata-rata wanita subur melahirkan dan Laju Pertumbuhan Penduduk (LPP). “Hal itu menjadi salah satu indikator peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Berapa pun tingginya dari tiga unsur utama IPM selama masalah kependudukan tidak bisa dikendalikan, hasilnya tidak sesuai yang diharapkan,” tuturnya.

Dia berharap dinas terkait tetap melakukan sosialisasi untuk membantu pasangan suami istri mengambil keputusan dan mewujudkan hak reproduksi secara bertanggungjawab. Selain itu memahami usia ideal perkawinan, melahirkan, jumlah anak ideal dan jarak kelahiran ideal, serta menyediakan sarana prasarana penyuluhan kesehatan reproduksi yang lebih baik dan berkualitas. “Sosialisasi ini bertujuan untuk mengendalikan pertumbuhan penduduk di Kabupaten Kendal,” terangnya. (den/zal)