Intensifkan Patroli di Wilayah Pinggiran

173

SEMARANG – DPRD Kota Semarang meminta Satuan Polisi Pamong Praja dan Perlindungan Masyarakat (Satpol PP Linmas) lebih intensif meningkatkan patroli di wilayah-wilayah pinggiran yang selama ini belum terjangkau, utamanya wilayah yang dianggap rawan.

Hal itu diungkapkan Wakil Ketua DPRD Kota Semarang Wiwin Subiyono, menyusul rencana Satpol PP Linmas akan membangun barak bagi anggotanya.

”Pada prinsipnya pembangunan barak ini kan untuk markas dan tempat siaga para anggota. Sehingga kalau ada aduan dari masyarakat terkait pelanggaran perda supaya bisa cepat ditindaklanjuti. Terkait juga adanya rencana penambahan armada ini kan supaya mobile cepat,” katanya.

Dengan tambahan fasilitas tersebut, barak dan armada, maka diharapkan kinerja penegak perda bisa lebih optimal. Utamanya dalam menggelar patroli dan penertiban pelanggar perda.

Kepala Satpol PP Linmas Kota Semarang, Endro P Martanto mengatakan, saat ini memang pihaknya fokus melakukan patroli di lingkup perkotaan. Namun ke depan pihaknya akan lebih memperluas rute patroli hingga wilayah pinggiran.

”Kalau saat ini kan di lingkup perkotaan. Maka kita akan terjunkan anggota untuk patroli di wilayah pinggiran yang juga kita bagi tiga sif, pagi siang dan malam. Sebab, terkadang pelanggaran ini muncul ketika tidak ada petugas. Maka kita akan melakukan patroli secara rutin,” katanya.

Menurutnya, saat ini anggota Satpol PP Linmas mencapai ratusan personel, namun selama ini juga belum memiliki fasilitas barak. Sehingga, anggaran pada tahun 2016 nantinya akan difokuskan untuk pembenahan pembangunan barak.