Mie Aceh ”Bang Wali” Tembalang Maknyus

1091
ADRIANTO ISMAWAN/JAWA POS RADAR SEMARANG
ADRIANTO ISMAWAN/JAWA POS RADAR SEMARANG
ADRIANTO ISMAWAN/JAWA POS RADAR SEMARANG
ADRIANTO ISMAWAN/JAWA POS RADAR SEMARANG

MI adalah makanan asal Asia yang sudah go international. Sejak ribuan tahun lalu mi diciptakan di negeri Tiongkok, dan mi terus beradaptasi di berbagai negara. Di Indonesia, mi dimodifikasi menjadi beragam masakan. Ada mi Aceh, mi Makassar, sampai mi item dan mi dari sayuran yang unik.

Di kawasan Semarang Atas, tepatnya di Jalan Banjarsari No 38, Tembalang ada rumah makan mi Aceh yang superenak. Namanya Mie Aceh ”Bang Wali”. Rumah makan tersebut menyajikan menu serba mi dan nasi goreng khas Aceh pastinya. Ada Mie Goreng, Rebus, Tumis, Mie Aceh Kepiting, Mie Aceh Kerang, Mie Aceh Jamur dan Nasi Goreng.

”Tapi Mie Aceh Tumis yang spesial, karena cita rasa pedas dan rempah terasa di lidah dengan sedikit kuah. Orang Jawa bilang nyemek,” ujar Bang Wali, pemilik rumah makan kepada Jawa Pos Radar Semarang

Untuk menu minuman, ada Kopi Aceh, Teh Kocok Telur, Teh Tarik, Kopi Sanger (kopi susu yang ditarik), serta Timun Serut untuk penyuka es, karena lebih segar. ”Anda yang suka ngemil bisa juga mencoba Kue Timpan khas Aceh, perpaduan tepung ketan dan kelapa parut yang berasa manis,” katanya.

Rumah Makan Mie Aceh Bang Wali buka mulai pukul 14.00-23.00, dan biasanya ramai pengunjung ketika menjelang malam. ”Kami juga menerima pesanan buat pernikahan, sunatan, dan pengajian. Tinggal menghubungi 081383107102,” kata Bang Wali. (adi/sct/aro/ce1)