UNGARAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Semarang, Selasa (10/11) kemarin menerima 767.480 surat suara untuk pemilihan kepala daerah (Pilkada). Surat suara yang dikirim percetakan, PT Pura Barutama, Kudus, sudah dalam kondisi siap pakai. Sehingga KPU tidak perlu lagi melakukan pelipatan ratusan ribu surat suara tersebut.

Komisioner KPU Kabupaten Semarang Bambang Nurhamid mengatakan, surat suara dikemas dalam 381 kardus yang disegel, masing-masing kardus berisi 80 ikat surat suara dan setiap ikatan ada 25 lembar surat suara.Surat suara tersebut dikirim menggunakan truk dengan pengawalan ketat oleh petugas kepolisian bersenjata lengkap. Sesampainya di Ungaran sekitar pukul 02.45, surat suara tersebut langsung dipindahkan untuk disimpan di Gedung Korpri di Jalan Gatot Soebroto Ungaran. Proses pemindahan tersebut juga diawasi anggota KPU dan Panwaslu Kabupaten Semarang.

“Surat suara ini sudah tersortir dan dilipat dari sana. Meski demikian, kami tetap akan melakukan sortir ulang untuk memastikan kondisinya baik sebelum kami distribusikan ke TPS,” tutur Bambang, Selasa (10/11).

Menurut Bambang, surat suara sebanyak 767.480 itu akan digunakaan saat hari H coblosan 9 Desember 2015 mendatang. Jumlah 760.480 lembar suara itu dihitung dari jumlah pemilih di DPT (daftar pemilih tetap) ditambah 25 persen pemilih setiap TPS. Dari total surat suara itu juga ada 2.000 lembar surat suara cadangan dan 5.000 lembar merupakan surat suara specimen. Selain surat suara, pihaknya juga menerima 5.184 lembar hologram untuk ditempel di formulir C1

“Surat suara cadangan akan digunakan jika ada pemungutan suara ulang. Seperti akibat adanya bencana alam di tengah pencoblosan, dan pemilih yang mencoblos dua kali di waktu yang beda dalam satu TPS. Surat suara specimen kami gunakan untuk sosialisasi ke masyarakat,” ungkapnya. (tyo/aro)