Wujud Bela Negara Sejak Dini

428

SEMARANG – Menggeliatnya kepramukaan di Kota Semarang perlu dibarengi dengan kegiatan-kegiatan yang dapat menumbuhkan jiwa karakter siswa itu sendiri. Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang, Bunyamin kepada Jawa Pos Radar Semarang, Selasa (10/11).

Menurut Bunyamin kegiatan tersebut dapat bersifat segala sesuatu yang mampu menjunjung kebersamaan dalam hal positif. Event kepramukaan Indonesia Scouts Challenge (ISC) yang digagas oleh Jawa Pos Group dan Kwarda Gerakan Pramuka Jateng merupakan salah satunya.

“Sangat bagus dan itu perlu untuk didukung oleh semua pihak tak terkecuali Dinas Pendidikan. Kegiatan yang melibatkan siswa Sekolah Dasar (SD) itu seharusnya bisa menjadi event tahunan. Saat ini, Dinas Pendidikan telah melakukan koordinasi dengan sekolah-sekolah yang nantinya akan mengikuti kegiatan itu,” ujar Bunyamin.

Selain sebagai wadah menumbuhkan pendidikan karakter, ISC merupakan bentuk kegiatan bela negara yang dibekalkan kepada siswa sejak dini. Apalagi saat ini kepramukaan menjadi kegiatan ekstrakurikuler wajib di setiap sekolah. Sehingga momentum diadakannya ISC sangatlah tepat.

“Cinta tanah air dapat digali melalui kegiatan ISC. Kebersamaan dan rasa kekeluargaan yang kuat dapat dipupuk melalui kegiatan tersebut. beberapa kepala sekolah juga langsung merespon cepat terkait dengan kegiatan ISC,” tuturnya.

Sementara itu, Sekretaris Kwarcab Kota Semarang, Ringsung Suratno mengatakan telah menyusun program kegiatan ISC yang nantinya akan diikuti para penggalang SD se Kota Semarang. Pada kegiatan ISC tersebut, pihaknya mentargetkan sebanyak 8 ribu siswa SD yang ada di Kota Semarang baik negeri maupun swasta.