Cegah Balap Liar, Pasang Pita Kejut

220

MUGASSARI – Masih maraknya aksi balap liar di Kota Semarang menjadi persoalan yang hingga kini terus dicari solusi penanganannya. Ratusan pembalap liar tak jarang ditangkap, namun lagi-lagi tak membuat mereka jera.

Kali ini, tim Satlantas Polrestabes Semarang bekerja sama dengan Dishubkominfo Semarang dan Dinas Bina Marga Semarang, memasang pita kejut di Jalan Pahlawan Kota Semarang. Hal itu bertujuan sebagai upaya mencegah agar jalur tersebut tidak digunakan oleh para pembalap liar.

Pita kejut tersebut dipasang di bahu Jalan Pahlawan, tepatnya di depan Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Tengah. Sebanyak empat titik bercat putih membentang pada lajur barat dari arah Mapolda Jateng ke Simpang Lima. ”Ini sebagai upaya meminimalisir aksi balap liar. Setidaknya Jalan Pahlawan tidak digunakan sebagai balap liar,” kata Kasatlantas Polrestabes Semarang, AKBP Pungky Bhuana Santoso, Jumat (6/11).

Dijelaskannya, keberadaan pita kejut bertujuan agar pengendara tidak lengah saat melintas di jalur lurus. Misalnya agar mencegah dari rasa kantuk. Akan tetapi, pihaknya melakukan uji coba pemasangan pita kejut tersebut di jalur tersebut untuk mencegah balap liar. ”Banyak efeknya, pengendara yang melintas tidak akan melaju kencang. Berdasarkan evaluasi, adanya pita kejut tersebut bisa mengurangi balap liar,” katanya.

Kepala Bagian Operasi (KBO) Satuan Lalu Lintas Polrestabes Semarang, AKP Sri Hasta, menambahkan, pemasangan pita kejut itu merupakan uji coba. Jika dinilai efektif, nantinya akan diterapkan di jalur-jalur lain yang rawan digunakan aksi balap liar. ”Ya lihat saja, apakah para pembalap liar itu masih ingin balapan di jalur pita kejut tersebut atau tidak,” ujarnya.