PEKALONGAN-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pekalongan menargetkan distribusikan logistik pemilu kelar pada bulan November ini. Dengan begitu, 9 Desember Pilkada bisa langsung digelar.
“Sebagian logistik untuk keperluan Pilkada Kota Pekalongan sudah datang. Kami menargetkan 19 November, seluruh logistik telah diterima pihak kecamatan, kelurahan maupun TPS,” kata Ketua KPU Kota Pekalongan, Abdul Basir, Jumat (6/11) kemarin.

Menurutnya, sampai saat ini pihaknya memang baru menerima alat alas pencoblosan saja dari pihak ketiga penerima lelang logistik Pilkada. Sehingga masih banyak logistik yang ditunggu. Seperti tinta, segel, alat coblos, surat suara dan lain sebagainya. “Kami harapkan, kedatangan seluruh logistik bisa tepat waktu sehingga distribusi pun tidak terlambat,” ucapnya.

Basir menambahkan, sebelum didistribusikan ke kecamatan, kelurahan maupun TPS, logistik masih harus disortir terlebih dahulu oleh petugas khusus. Diharapkan H-5 sebelum pencoblosan, KPU sudah siap melakukan pendistribusian logistik ke tingkat kecamatan.

Selain itu, menjelang pencoblosan, pihaknya akan gencar melakukan sosialisasi lewat media. Dengan harapan, masyarakat Pekalongan bisa lebih ingat dan ikut dalam pencoblosan pada 9 Desember mendatang. “Kami akan gencar melakukan sosialisasi dengan berbagai media. Termasuk media cetak dan elektronik. Terhitung 14 hari menjelang pencoblosan,” tandasnya. (han/ida)