SEMARANG – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengaku siap menempuh jalur Semarang-Magelang menggunakan sepeda onthel. Hal ini dilakukan dalam rangka memeriahkan gelaran Tour de Borobudur (TdB) ke-15 yang akan diselenggarakan pada 14 November 2015 mendatang. Selain Ganjar, beberapa pejabat di lingkungan Pemprov Jawa Tengah juga akan mengikutinya.

”Kalau cuma 88 kilo (meter), saya akan ikut. Karena gak sampai 89 kilo, nanti ikut juga beberapa (pejabat) yang hobi bersepeda,” ungkapnya kepada awak media, Senin (2/11). Ia menjelaskan, kegiatan tersebut sangat positif untuk dijadikan sebagai forum internasional. Oleh karenanya, akan terus didorong untuk menjadi agenda rutin dalam rangka mendukung promosi dan wisata Jawa Tengah. ”Selain Tour de Borobudur, beberapa agenda lain juga menjadi kegiatan rutin adalah Borobudur Festival, Borobudur 10K, dan Half Marathon,” imbuhnya.

Untuk semakin memeriahkan beberapa agenda tersebut, Ganjar mengaku akan mengundang sejumlah ambassador (duta besar) untuk mengikutinya. Menurut dia, banyak negara-negara yang ingin mengunjungi salah satu objek wisata di Jawa Tengah itu. ”Minimal kita akan undang dari negara-negara tetangga. Seperti India, Korea Selatan, Jerman, Belanda, bahkan Suriname,” tandasnya.

Sebelumnya, Pantia TdB Susanto menjelaskan, pelaksanaan tahun ini sedikit berbeda dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Jika biasanya diadakan berdekatan dengan Hari Raya Waisak, kali ini digeser dan dirangkaikan dengan kegiatan Borobudur Festival dan Borobudur 10K. ”Selain untuk mendukung kegiatan promosi dan wisata Jawa Tengah, juga untuk memperingati ulang tahun Brimob,” ujarnya kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Meskipun berbeda, lanjut Susanto, kegiatan ini tetap diikuti oleh peserta dari berbagai penjuru nusantara. Seperti dari Jawa Barat, Jawa Timur, Makassar, dan berbagai kota besar lainnya. Tidak hanya itu saja, sejumlah peserta dari luar negeri juga tidak ketinggalan. ”Untuk tahun ini, pendaftaran dibatasi maksimal 1.000 peserta. Hal ini tidak lain untuk memberikan kenyamanan dan keselamatan bagi peserta,” imbuhnya. (fai/ric/ce1)