Pabrik Batamtex Terbakar

369

UNGARAN – Pabrik tekstil PT Batam Tekstil Industri (Batamtex) di Ungaran, Kabupaten Semarang terbakar Jumat (30/10). Beruntung tidak ada korban jiwa dalam insiden yang dipicu percikan api dari salah satu mesin tenun tersebut. Api dengan cepat dipadamkan dan tidak membakar seluruh pabrik.

Operator mesin tenun barisan N dan M, Sumaryati, 45, mengatakan, percikan api muncul dari bawah mesin nomor N4. Percikan api mengenai kapas sisa produksi yang ada di bawah mesin, sehingga timbul api dan merambat ke mesin nomor M5. “Saya langsung teriak ada kebakaran, selanjutnya karyawan lain berupaya memadamkan api menggunaan Alat Pemadam Kebakaan Ringan (APAR),” ungkapnya.

Meski api yang membakar mesin berhasil dipadamkan, tapi api menjalar ke instalsasi blower di langit-langit gedung tenun. Api dengan cepat menjalar ke segala sudut gedung karena blower banyak kapas lembut yang menempel. Petugas security kemudian melaporkan ke posko pemadam kebakaaran BPBD Kabupaten Semarang. Tidak lama kemudian 2 unit mobil pemadam kebakaran tiba di lokasi kejadian. Dalam waktu kurang dari 30 menit api dapat dipadamkan. “Api cepat menyebar sebab banyak kapas kecil-kecil yang menempel pada blower dan di mesin,” tutur security Batamtex, Imran, 40.

Dalam upaya pemadaman api, salah satu truk damkar BPBD Kabupaten Semarang sempat terlibat kecelakaan di Jalan Diponegoro Ungaran depan SMPN 1 Ungaran sekitar pukul 11.45. Truk damkar menabrak sepeda motor Honda Vario Hitam H 4896 TV yang ditumpangi Dinda Ragil Saputri, 21, warga Bugisan, Kelurahan Lodoyong, Ambarawa Kabupaten Semarang.

Kecelakaan terjadi saat damkar melaju dari arah Ungaran menuju Bawen. Kondisi jalan padat membuat supir, Nanang ambil jalur kanan atau jalur berlawanan sembari menyalakan sirine dan lampu rotor. Sampai lokasi, ada truk yang melaju dari arah berlawanan dan truk berusaha menghindari damkar. Saat itulah korban yang ada di belakang truk kaget dan langsung tertabrak. Sopir damkar mengerem, sehingga korban tidak mengalami luka parah dan langsung dilarikan ke RSUD Ungaran. “Korban sepertinya tidak tahu kalau di depan truk ada truk damkar kami yang sedang. Korban selamat hanya luka ringan,” kata petugas Pemadam Kebakaran, Prihono. (tyo/fth)