100 Siswa SMA Kesatrian 1 Ikuti Pelatihan PKS

542
(Muh. Zaenuri/Jawa Pos Radar Semarang)
(Muh. Zaenuri/Jawa Pos Radar Semarang)
(Muh. Zaenuri/Jawa Pos Radar Semarang)
(Muh. Zaenuri/Jawa Pos Radar Semarang)

SEBANYAK 100 siswa-siswi kelas X dan XI SMA Kesatrian 1 Semarang mengikuti pelatihan PKS (Patroli Keamanan Sekolah) di halaman sekolah Jalan Pamularsih No 116 Semarang pada Kamis-Sabtu (29-31/10).

Kepala SMA Kesatrian 1 Semarang, Drs Toto, MM, menjelaskan, PKS adalah salah satu kegiatan untuk membentuk kedisiplinan. Siswa dilatih untuk menjadi semacam ”Polisi Sekolah”. Mereka diberi pelajaran mengenai baris-berbaris, kedisiplinan, kerja sama, dan gerakan pengaturan lalul lintas.

”Setiap hari sudah dipraktikkan dengan adanya pengaturan lalu lintas setiap jam masuk dan pulang sekolah oleh siswa PKS yang bertugas secara bergantian,” katanya.

Pelatih dari Satuan Binmas Polrestabes Semarang, Aiptu Khamim, mengatakan, materi yang diberikan dalam pelatihan ini, antara lain, bela diri praktis, UU IT, bela negara, kesadaran hukum, UU lalu lintas dan 12 gerakan lalu lintas. ”Semua peserta sangat antusias selama mengikuti pelatihan ini,” tuturnya.

Waka Kesiswaan SMA Kesatrian 1 Semarang, Pardi, SPd, MM, menambahkan, kegiatan ini bertujuan untuk melatih siswa agar berdisiplin dan bertanggung jawab serta membantu keamanan dan ketertiban. (muh zaenuri/sct/aro/ce1)