Pemprov Buka Talent Scouting untuk Promosi Jabatan

985

SEMARANG – Sebagai implementasi salah satu program unggulan dalam rangka mewujudkan reformasi birokrasi berbasis kompetensi, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah membuka talent scouting Jabatan Administrator dan Jabatan Pengawas. Talent scouting adalah sistem seleksi secara terbuka untuk mendapatkan PNS terbaik sebagai kandidat yang dapat dipertimbangkan untuk dipromosikan.

”Sebenarnya kebijakan talent scouting ini telah dilaksanakan pada akhir 2013 lalu. Hasilnya telah dipergunakan sebagai bahan pertimbangan utama dalam promosi jabatan pada 2014-2015,” ungkap Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam jumpa pers dengan awak media, kemarin.

Ganjar menjelaskan, sebagai bentuk penyempurnaan dari talent scouting sebelumnya, pada tahun ini dilakukan beberapa penyempurnaan. Di antaranya melibatkan tim independen yang terdiri atas akademisi, pejabat yang berkompeten dan asesor secara optimal. ”Talent scouting juga berbasis online guna mendidik para PNS membiasakan diri menggunakan media berbasis internet,” imbuhnya.

Dalam talent scouting ini, lanjut Ganjar, seluruh PNS diberikan kebebasan untuk mendaftar ataupun tidak. Hanya saja, dari seluruh pendaftar yang ada akan dipersiapkan untuk untuk mengisi kekosongan jabatan yang diprediksikan akan pensiun pada 2016 dan 2017 mendatang. ”Tercatat ada 149 PNS yang akan pensiun pada 2016. Sementara pada 2017 ada 173 orang,” bebernya.

Pelaksana Tugas (Plt) Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jateng Indriani menambahkan, untuk pendaftaran telah dibuka secara online sejak 26 Oktober 2015 dan akan ditutup pada 30 Oktober 2015 mendatang. Selanjutnya akan dilakukan seleksi administrasi, seleksi problem analisis, seleksi integritas, seleksi kompetensi, dan terakhir pengumuman hasil.

”Seluruh proses pendaftaran dan akses informasi penting yang berkaitan dengan talent scouting dilakukan melalui webiste resmi Pemerintah Provinsi Jateng dengan alamat bkd.jatengprov.go.id/talentscouting2015,” pungkasnya berpromosi. (fai/zal/ce1)