Tertangkap Usai Curi Helm

268

UNGARAN – Pelaku pencurian helm yang kerap beraksi di sejumlah Stasiun Pegisian Bahan bakar Umum (SPBU) akhirnya tertangkap. Pelaku adalah MD, 22, warga jalan Tikung Baru, Bandarjo, Kecamatan Semarang Utara, Semarang.

Pelaku tertangkap usai melakukan aksinya di SPBU 44.505.08, Jalan Diponegoro Sabtu (24/10) sekitar pukul 18.15. MD diketahui masuk areal SPBU, saat para pengunjung lengah. Saat itulah pelaku mencuri helm milik Erwanto, 27, warga Desa Ngablak, Kelurahan Candirejo, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang.

Rupanya aksi tersebut diketahui penjaga keamanan dan korban. Sehingga pelaku langsung diamankan sebelum sempat kabur membawa helem warna silver merek Ink tersebut. “Pelaku tertangkap oleh petugas keamanan karena mencuri helem pengunjung SPBU,” tutur Kasubag Humas Polres Semarang, AKP Endang Suprobo, Selasa (27/10) kemarin.

Sebelumnya kasus pencuri telah terjadi di mushola dua SPBU di Jl Diponegoro Ungaran. Modusnya mencari kelengahan jemaah sholat di musola SPBU. Kasus pencurian tersebut terjadi Minggu (4/10) pukul 18.00 di SPBU Jl Diponegoro Ungaran, tepatnya di kawasan Gedanganak. Korbannya Sigit Nugroho, 28, warga RT 3/RW 1 Kebondowo, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang. Pelaku mencuri tas berisi uang Rp 11 juta dan 27 nota tagihan serta ponsel blackberry milik pegawai swasta yang sedang kyusuk sholat berjamaah di musola SPBU tersebut. (fth)

Kasus serupa terjadi lagi kali ini di musola SPBU Jl Diponegoro Ungaran tepatnya di depan SMPN 1 Ungaran, Senin (19/10) pukul 18.00. Kali ini korban Waldiyanto, 44, warga Ngampin Krajan, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang. Modus yang dilakukan pelaku juga sama yakni mencari kelengahan korban yang sedang sholat di musola SPBU. Korban kehilangan tas miliknya berisi uang tunai Rp 18 juta dan sebuah jam tangan merek Guess senilai Rp 3 juta.

Ada dugaan pencurian di SPBU tersebut pelakunya sama, sebab modus dan waktu beroperasinya sama. Polisi sampai saat ini masih mendalami penyelidikan terhadap pelaku pencurian helem. Sebab sasaran pencurian, waktu dan modus yang dilakukan MD identik dengan dua kasus pencurian tas milik jemaah mushola di SPBU.

“Guna mendalami penyelidikan, pelaku pencurian helem di SPBU tersebut diperiksa penyidik di Mapolsekta Ungaran,” tutur Kasubag Humas Polres AKP Endang. (tyo)