Jateng Belum Butuh Beras Impor

183

SEMARANG – Meski pemerintah pusat akhirnya mengeluarkan kebijakan untuk kembali mengimpor beras dari luar negeri, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah menyatakan hingga saat ini belum membutuhkan beras impor tersebut. Pasalnya, ketersedian beras di Jateng sendiri diperkirakan masih kuat hingga empat bulan ke depan.

”Saat ini cadangan beras di Jateng masih mencapai sekitar 1 juta ton. Sementara kebutuhan beras di Jateng tiap bulannya sekitar 250 ribu ton per bulan. Artinya selama empat bulan ke depan masih aman,” ungkap Kepala Badan Ketahanan Pangan Jawa Tengah Whitono, kemarin.

Ia menjelaskan, produksi beras di Jateng pada 2015 diperkirakan mencapai 10,6 juta ton atau mengalami peningkatan mencapai 10,8 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Ketersediaan beras itu diklaim akan mengalami penambahan, mengingat di beberapa daerah saat ini telah ada yang panen. ”Terlebih, bulan depan diperkirakan sudah mulai masuk musim penghujan. Dengan demikian, para petani bisa melakukan penanaman kembali,” imbuhnya.