TKW Kendal Disiksa Majikan

Video Kekerasan Diunggah di YouTube

479
SILATURAHMI: Calon Bupati Kendal Widya Kandi Susanti berfoto bersama dengan Jamiyah Tahlil Fatayat NU Kecamatan Gemuh. (DOK/JAWA POS RADAR SEMARANG)

KENDAL – Aksi kekerasan terhadap tenaga kerja wanita (TKW) asal Kendal kembali terjadi. Kali ini, dialami Siti Inayatus Sholehah, 21, warga Desa Korowelang Anyar RT 02 RW 03, Kecamatan Cepiring, Kendal. Penganiayaan yang dialami TKW yang bekerja di Taiwan ini berhasil direkam korban menggunakan handphone lalu diunggah di YouTube dan media sosial.

Kabid Transmigrasi, Pelatihan dan Penempatan Tenaga Kerja, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Kendal, Supardi, membenarkan jika TKW yang dianiaya dalam dua video berdurasi 2 menit 37 detik dan 48 menit 46 detik yang beredar di YouTube tersebut adalah TKW asal Kendal. Video itu bisa dilihat di YouTube alamat https://www.youtube.com/watch?v=CZxQ3BoCyMM.

”Kabar tersebut sudah kami dapat beberapa waktu lalu, dan benar korban penganiayaan dalam video tersebut adalah Siti Inayatus Sholehah,” katanya kepada Jawa Pos Radar Semarang kemarin.

Dalam adegan yang berhasil direkam, seorang wanita tua yang diduga majikan Siti tega memukul dan menganiaya. Bahkan kaus warna hitam yang dikenakan Siti sempat ditarik, serta mulut Siti disumpal dengan kain berwarna putih. Tak hanya itu, pipi kiri Siti sempat dicubit hingga korban kesakitan. Lokasi penganiayaan dilakukan di ruang dapur tempat Siti bekerja.