AMBRUK - Tembok bangunan Gedung Aula Dindikbud Kabupaten Pekalongan, yang sedang dibangun sepanjang 15 meter dan tinggi 3 meter, Minggu (18/10) malam ambruk, dan menimpa tempat parkir pegawai Kemenag Kabupaten Pekalongan. (Taufik hidayat/jawa pos radar semarang)
AMBRUK – Tembok bangunan Gedung Aula Dindikbud Kabupaten Pekalongan, yang sedang dibangun sepanjang 15 meter dan tinggi 3 meter, Minggu (18/10) malam ambruk, dan menimpa tempat parkir pegawai Kemenag Kabupaten Pekalongan. (Taufik hidayat/jawa pos radar semarang)

KAJEN – Bangunan Gedung Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Pekalongan senilai Rp 1,3 miliar yang baru dibangun tiga bulan, Minggu (18/10) malam ambruk. Bangunan yang diduga tidak sesuai spesifikasi itu ambruk menimpa tempat parkir karyawan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pekalongan.

Berdasarkan pada data papan informasi proyek, bangunan dengan anggaran Rp 1.389.062.000, dikerjakan oleh CV Setya Mukti yang berasal dari Kabupaten Pati mulai pengerjaannya 14 Agustus 2015, dan baru berjalan 40 persen. Proses pembangunan dengan alokasi waktu 120 hari itu diketahui ambruk sudah tiga kali ini. Namun kali ini ambruknya bangunan sangat parah, yakni pada dinding sebelah barat sepanjang 15 meter tinggi 3 meter, yang bersebelah tepat dengan Kantor Kemenag.

Tempat parkir Kemenag yang terbuat dari pipa besi terlihat rusak parah dan sudah tidak bisa lagi digunakan. Senin (19/10) pagi pekerja dari CV Setya Mukti langsung merapikan serpihan bangunan tembok dan atap parkiran, termasuk memotong pipa besi milik parkiran Kemenag untuk diperbaiki.

Kepala Bidang Sarana dan Prasarana, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kabupaten Pekalongan, Arif Gunawan, yang juga menjabat sebagai Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) pada pembangunan Gedung Aula, Senin (19/10) ketika dikonfirmasi menjelaskan bahwa tembok bangunan aula yang sedang dibangun ambruk pada Minggu (18/10) pukul 19.30 WIB.