Pohon Tumbang, Tiga Orang Luka

276

SALATIGA – Latihan Dasar Militer (Latsarmil) yang digelar Markas Daerah Pemuda Panca Marga Jateng di pemandian Senjoyo dikejutkan dengan tumbangnya pohon yang digunakan untuk kegiatan dan menimpa peserta, kemarin. Akibatnya, tiga orang peserta latsarmil mengalami luka cukup serius dan dilarikan ke rumah sakit.

Ketiga korban adalah Ari cena utama, 23, warga Pati, yang mengalami luka di pergelangan dan telapak kaki kiri; Muhamad Rifki Malik, 19, warga Temanggung, pinggul pinggang dankemungkinan patah tulang; serta Hendi Trimulyono, 22, warga Pati yang mengalami luka di pelipis kanan lecet, dan bengkak.

Latsarmil sendiri diikuti 94 peserta dan pelatih 25 orang. Kegiatan yang dilaksanakan antara lain latihan penyeberangan basah dan penyebrangan kering tali 2.Sebelum di gunakan pohon flamboyan untuk mengikat tali penyebrangan kering tali 2sudah di cek oleh pelatih.

Bencana terjadi pada penyeberangan kering tali dua ketika pohon Flamboyan pengikat tali tiba – tiba tumbang dan menimpa peserta latihan, sekitar pukul 09.30. Pohon setinggi lebih dari enam meter itu ambruk dan batangnya bisa melintang diatas sungai. Korban yang tertimpa pohon cukup besar itu, langsung dilarikan ke rumah sakit DKT Salatiga dan RSUD Salatiga untuk perawatan lebih lanjut.

“Kemungkinan pohon sudah rapuh dan tidak kuat menopang beban,” terang Aden, peserta asal Temanggung saat ditemui di RSUD Salatiga, kemarin.

Ia mengaku, sebelum kejadian, masih duduk – duduk bersama para korban lainnya. Kebetulan beberapa saat sebelumnya, ia berpindah dan seketika itu pohon tumbang.

Di RSUD, salah satu korban Rifki Malik langsung ditangani petugas medis. Sejumlah rekan korban berdatangan untuk menjenguk. Sementara itu, semua peserta latihan dihentikan dan seluruh peserta di bawa ke pemkot Salatiga.(sas/fth)