SEMARANG – Era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang sebentar lagi akan berlangsung akan menjadi ajang kompetitif bagi semua kalangan. Berbagai Perguruan Tinggi (PT) mulai mengeluarkan jurus jitunya guna mempersiapkan setiap lulusan dalam menghadapi era MEA.

Hal tersebut juga dilakukan oleh Fakultas Kedokteran. Ketika ditemui usai upacara pelepasan calon dokter baru, Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sultan Agung (Unissula), Iwang Yusuf mengatakan pihaknya kini telah membekali mahasiswanya dengan model pembelajaran yang berbeda.

”Menghadapi era MEA, memang kita menggunakan pembelajaran yang berbeda. Hal itu sudah kita antisipasi sejak 2006. Kita siapkan mereka dengan kompetensi yang digariskan dalam KKN. Selain itu, kompetensi tersebut juga terdapat pencapaian teoritis dan praktis,” ujar Iwang, Minggu (18/10).

Pada kesempatan tersebut, FK Unissula melepas 53 orang calon dokter baru. Pelepasan ke-96 dokter baru tersebut dilakukan usai mereka diambil sumpah dan mengikuti prosesi siraman yang digelar FK Unissula.

”Berbeda dengan dulu. Saat ini praktisinya lebih banyak. Kesiapan calon dokter sendiri sudah siap. Tetapi kita juga belum tahu seperti apa persaingannya kelak. Setelah sumpah calon dokter akan tetap dipantau melalui program intensif dalam setahun ke depan,” katanya.

Dokter baru tersebut selanjutnya akan mengikuti program internship selama setahun sebelum akhirnya dapat membuka praktik layanan kesehatan sendiri atau mengembangkan jenjang karirnya menjadi dokter spesialis.