Menteri PPN Tinjau KIK

351
SMAN 4 Semarang
TINJAU - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) atau Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Sofyan A Djalil, melihat master plan pembangunan pembangunan Kawasan Industri Kendal (KIK), kemarin. (ADENNYAR WYCAKSONO / JAWA POS RADAR SEMARANG)
TINJAU – Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) atau Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Sofyan A Djalil, melihat master plan pembangunan pembangunan Kawasan Industri Kendal (KIK), kemarin. (ADENNYAR WYCAKSONO / JAWA POS RADAR SEMARANG)

KENDAL – Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN), Sofyan Djalil, kemarin, meninjau kesiapan pembangunan PT Kawasan Industri Kendal (KIK). Sofyan ingin melihat persiapan pembangunan PT KIK yang rencananya akan diresmikan Presiden RI Joko Widodo Maret 2016 mendatang.

Sofyan mengakui PT KIK yang letaknya berdampingan dengan pelabuhan niaga Tanjung Kendal cukup strategis. Sebab kehadiran pelabuhan niaga nantinya akan menunjang perusahaan yang berada di KIK sehingga pengangkutan barang bisa dilakukan lewat jalur laut. “Perkembangan PT KIK yang ditunjang pelabuhan penyeberangan dan pelabuhan niaga bisa menjadi kawasan ekonomi khusus. Jika bisa terealisasi akan menyerap banyak tenaga kerja dan mengurangi warga yang bekerja sebagai TKI,” ujar Sofyan, kemarin.

Meski begitu, untuk membangun kawasan industry pasti banyak hambatan. Seperti pembebasan lahan karena KIK akan memakan lahan hingga belasan ribu hektar. “Setelah mendengarkan paparan baik dari Pemkab Kendal maupun pengelola KIK, kami akan segera pelajari masalah apa saja yang menghambat pembangunan PT KIK. Sehingga masalah tersebut segera diatasi dan harapannya target Maret bisa diresmikan Presiden Jokowi bisa terealisasi,” tambahnya.