Jateng Optimistis Juara Umum

241

SEMARANG – Meskipun baru akan mengawali pelatda tahun depan, namun National Paralympic Committee (NPC) Jateng masih optimistis mampu juara umum dalam Pekan Paralimpik Nasiona (Peparnas) di Bandung, tahun 2016 mendatang.

”’Menghadapi Peparnas 2016, kami menyiapkan 200 atlet. Mereka masih latihan desentralisasi, dan baru awal tahun 2016 mulai pelatda. Problem klasik kami masih soal dana. Apalagi NPC juga sudah lepas dari KONI. Tapi bertekad bisa mempertahankan gelar juara umum di Peparnas nanti,” kata Ketua NPC Jateng Budi Haryanto.

Menurut Budi, pada pekan olahraga bagi para atlet difabel tersebut, Jateng akan turun di 11 cabang dari 13 cabang yang dipertandingkan, yaitu atletik, panahan, angkat berat, bulu tangkis, renang, tenis meja, futsal, voli duduk, catur, judo, sepak bola dan tenpin bowling.

Soal cabang yang tak diikuti yaitu goalball dan tenis lapangan berkursi roda. Budi mengakui, pihaknya tak memberangkatkan karena faktor peluang merebut medali. ”Meskipun kita paksakan berangkat, peluangnya tipis meraih medali,” kata Budi.

Di cabang renang, kata dia, pihaknya juga kehilangan para atlet andalannya khususnya untuk kategori TRW. ”Ada perenang kami yang sudah menikah dan punya anak. Ini juga kendala bagi kami dalam perburuan medali,” imbuhnya.

Soal pesaing utama, Budi menyebut pada tuan rumah Jabar yang sudah melakukan pelatda tahun ini. Sebagai tuan rumah, dia memperkirakan Jabar akan all out untuk mengalahkan Jateng sebagai pengumpul medali emas terbanyak.

Tim Jateng sendiri, kata dia, masih mempertahankan atlet-atlet lamanya, semisal Agus Ngaimin di cabang renang. Selain itu ada Agus Suprayitno di cabang atletik. ”Andalan kami di Peparnas nanti masih berkisar pada atletik, bulu tangkis dan angkat berat,” pungkasnya. (bas/zal/ce1)