Ngajeni dan Menghormati Bawahan yang Lebih Tua

Iptu Dhayita Daneswari SIK, Kapolsek Wanita Termuda di Pulau Jawa

698

Tentu saja, di usianya yang baru 23 tahun 9 bulan, Dhayita harus memimpin para anggota yang rata-rata berusia di atasnya. ”Selisih usia dengan anggota itu tidak ada masalah. Prinsipnya saling ngajeni (menghargai), saling menghormati, berbicara santun, dan seterusnya. Saya sendiri harus menghormati semua anggota. Prinsipnya itu,” kata alumnus SMA Negeri 6 Semarang ini.

Putri kedua dari empat bersaudara pasangan Ir Purboyo Paminggir Baroto dan Riche Hariyati ini mengaku siap melaksanakan tugas negara tersebut. ”Selama 24 jam kami siap melayani masyarakat. Silakan masyarakat menghubungi Polsek Candisari di nomor 024-8504900,” ujar wanita yang tinggal di daerah Manyaran Semarang Barat ini.

Baginya, jabatan saat ini merupakan tanggung jawab baru yang harus dilaksanakan secara maksimal. ”Suatu kebahagiaan tersendiri, karena bisa mengemban tugas mulia dengan penuh tanggung jawab,” katanya.

Sebelum menjabat Kapolsek Candisari, Dhayita bertugas sebagai Panit SPKT Polrestabes Semarang, Panit Reskrim Polsek Tembalang, BKO Danton Pengasuh Polwan di Sekolah Polisi Nasional (SPN) Purwokerto, dan Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Polrestabes Semarang. (*/aro/ce1)