SEMARANG – Pengprov Gabungan Bridge Seluruh Indonesia (Gabsi) Jateng akan menggelar Kejuaraan Provinsi Bridge di Shelter Merapi Kawasan Candi Prambaban Kabupaten Klaten, Jumat-Minggu (16-18/10). Dalam kejuaraan tersebut akan mempertandingkan tujuh nomor pertandingan yakni beregu umum, beregu yunior, beregu pelajar, pasangan umum, pasangan yunior, pasangan pelajar dan minibridge sekolah dasar.

Ketua panpel kejurprov Tatang Kristiadhi mengatakan, hingga kini sudah puluhan regu dan pasangan menyatakan turut serta. Gabsi Jateng juga akan menjadikan kejuaraan ini sebagai ajang pembibitan. ”Kami menggelar nonmor minibridge SD, yunior, dan pelajar (SMP-SMA) untuk memantau atlet bridge di Jateng. Ini adalah program dari Gabsi Jateng agar regenerasi pemain tak putus. Sekarang ini, beberapa pemain yunior telah menjadi tulang punggung bagi Jateng di berbagai kejuaraan termasuk Pra-PON XIX lalu,” kata Tatang.

Dikatakannya, sekarang ini Gabsi Jateng juga tengah menggencarkan program bridge masuk sekolah sebagai bentuk pengenalan olahraga otak tersebut. Kejurprov nanti, lanjutnya, sebagai pemanasan bagi atlet pelajar dan mahasiswa sebelum terjun di Kejurnas Bridge Pelajar/Mahasiswa di Semarang, November mendatang. ”Sebagai tuan rumah, Jateng mendapat kesempatan untuk menurunkan pasangan sebanyak mungkin. Dan ini membuka peluang untuk meraih hasil maksimal di kejurnas nanti. Usai kejurprov ini akan ada evaluasi dari pengurus,” tandas Sekretaris Umum Gabsi Jateng itu.

Terkait persiapan PON XIX, Gabsi Jateng akan segera merancang program persiapan. Dia mengakui lega dengan keberhasilan meloloskan semua nomor ke ajang multicabang empat tahunan tersebut. Tatang optimistis, prestasi PON XVIII 2012 Riau berhasil dipertahankan yakni dua emas. (bas/smu)