Komisi B Minta Relokasi PKL Tlogosari Tertib

169

SEMARANG – Komisi B DPRD Kota Semarang mengharapkan relokasi PKL Tlogosari ke Taman Suryokusumo bisa berjalan lancar. Jangan sampai menimbulkan permasalahan baru, baik terkait relokasi maupun masyarakat sekitar Taman Suryokusumo yang sempat keberatan.

Harapan ini disampaikan oleh anggota Komisi B DPRD Kota Semarang Ari Purbono. Legislator dari PKS ini mengimbau agar relokasi PKL Tlogosari dilakukan secara baik-baik dan tidak menimbulkan permasalahan baru. ”Perlu adanya tahapan sosialisasi serta pendekatan yang baik antara Pemkot Semarang dengan ratusan pedagang kaki lima Tlogosari terkait rencana relokasi,” ujar Ari Purbono.

Mengingat hal ini menyangkut kepentingan bersama, baik pemkot maupun pedagang dan warga sekitar. Pemkot menurut Ari Purbono berkepentingan dalam menata kawasan Tlogosari. ”Masyarakat juga memiliki kepentingan agar jalan Tlogosari Raya bisa lancar,” katanya. Sedangkan kepentingan para pedagang juga harus diperhatikan karena menyangkut kehidupan mereka bersama keluarganya.

Menurutnya pembangunan shelter di tempat yang resmi merupakan langkah tepat yang dilakukan Pemkot Semarang untuk menertibkan PKL yang saat ini berjualan di sepanjang sungai Tlogosari. ”Bangunan PKL yang berada di bantaran kali jelas melanggar aturan, makanya pemkot membangun shelter baru, kegiatan ini sekaligus mendata kembali PKL yang resmi,” ujar Ari Purbono.

Dia berharap PKL juga harus menghormati kepentingan bersama serta mematuhi peraturan yang ada. ”Kebijakan mengatur PKL merupakan wewenang dari pemerintah, pemerintah berhak dalam mengatur serta menindak PKL yang melanggar aturan,” ujar Ari Purbono.

Meski demikian dalam melakukan penataan dan penertiban tidak boleh semena-mena namun harus tetap mengutamakan kepentingan bersama. ”Saya mengimbau jangan sekali-kali tersusupi kepentingan sepihak atau kepentingan jangka pendek mengingat hal ini langsung berdampak kepada masyarakat,” imbuhnya. (zal/ce1)