KEMARAU : Bendungan Cepoko di Desa Ujung-Ujung, Kecamatan Pabelan, Kabupaten Semarang mulai surut dan kini digunakan anak-anak untuk bermain dan memancing. (Munir Abdillah/Jawa Pos Radar Semarang)

Lima mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip) menciptakan alat untuk mendeteksi kerusakan komponen pada mobil. Namanya Ecocar. Seperti apa?

RIZKY JOHANUARI PUTRI

ECOCAR sudah dilakukan pengujian pada Juni 2015. Alat ini mampu memberikan peringatan kepada pengguna ketika kondisi komponen-komponen mobil seperti aki, kampas rem, minyak rem, dan radiator kurang bagus. Sistem ini juga tidak menghabiskan daya listrik di mobil, karena hanya menggunakan daya sekitar 4,44 watt.

Ecocar diciptakan oleh lima mahasiswa Undip. Mereka adalah Muhammad Yahya sebagai ketua peneliti, yang masih tercatat sebagai mahasiswa Jurusan Teknik Elektro angkatan 2012. Berikutnya Muhammad Taufiqurrahman (Jurusan Teknik Elektro, 2012), Fahmi Pranadita Minerva (Jurusan Teknik Elektro, 2012), Wafid Hudaya Rohman (Jurusan Teknik Elektro, 2014), dan Fitra Arisabmika (Jurusan Teknik Mesin, 2012).