Sepatu Converse Diproduksi di Salatiga

1140

SALATIGA – PT Selalu Cinta Indonesia (SCI) bakal membangun pabrik sepatu merek Converse di daerah Tetep, Kelurahan Randuacir, Kecamatan Argomulyo, Salatiga. Pabrik ini mengklaim sedikitnya bisa menyerap 10.000 orang tenaga kerja dengan produksi mencapai 1,2 juta pasang sepatu per bulannya.

CEO KMK Group CK Song, Group didampingi Wakil Wali Kota Salatiga H Muh Haris kepada wartawan, disela-sela acara ’Ground Breaking Ceremony’ di lokasi bakal dibangunnya pabrik, Kamis (1/10), menuturkan jika nilai awal senilai 50 ribu dolar US (USD) bakal digelontorkan untuk mendukung program pemerintah demi meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia dan perluasan tenaga kerja.

Wakil ketua DPRD Kota Salatiga Fathur Rahman menyambut baik masuknya investor ini. Kendati demikian, ia mengingatkan kepada investor untuk menyelesaikan proses analisis mengenai dampak lingkungan (amdal). ”Masyarakat sekitar harus diberi penjelasan mengenai dampak atau limbah apa yang akan muncul seiring dengan berdirinya pabrik kelak, sehingga tidak ada permasalahan di belakang hari,” ujar Fathur Rahman saat ditemui di ruang kerjanya kemarin siang. Dia mengingatkan jika pembangunan harus seimbang dengan lingkungan. Menurutnya, ramah investor itu perlu tetapi harus bisa menjaga lingkungan tetap bersih.

Disinggung mengenai proses pembangunannya, Fathur Rahman menanyakan jika itu dilakukan tidak berkaitan dengan dewan. ”Kita hanya memantau dan mengingatkan agar bisa melibatkan masyarakat sekitar dan memberikan penjelasan terkait amdal dan sebagainya,” papar politisi PKS ini.

Berdasar pantauan di lapangan, proses pembangunan pabrik ini memang sudah berjalan. Saat ini proses masih di Dinas Tata Kota untuk membahas masalah Amdal dan Amdalalin sehingga belum dilaksanakan pembangunan. (sas/zal/ce1)