Penjualan Semen Mulai Membaik

254

SEMARANG – Penjualan Semen Indonesia (Semen Gresik) di Jateng sudah mulai membaik, dengan menggeliatnya pembangunan perumahan, jalan dan infrastruktur lainya seperti perluasan Bandara A Yani di Semarang. Di Jateng, Semen Indonesia menguasai pasar sekitar 36 persen dengan rata rata penjualan mencapai 600.000 ton pertahun atau 50.000-60.000 ton per bulan.

Penegasan ini dikemukakan Kepala Penjualan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk Bambang Joko S, di sela-sela customer gathering (temu pelanggan) di Marina Covention Center, Semarang kemarin. Temu pelanggan bertajuk “Gebyar Loyalitas Pelanggan Semen Gresik Area Semarang” dihadiri sekitar 1.000 peritel dari Semarang, Salatiga, Kendal dan Demak ini berlangsung meriah dengan pemberian Best Customer kepada 10 pelanggan toko yang memiliki penjualan terbaik.

Dijelaskan Bambang Joko, acara temu pelanggan ini rutin dilakukan setiap tahun , guna meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap produk dari Semen Indonesia, dalam hal ini Semen Gresik. Selain acara ini juga menjadi ajang informasi bagi pelanggan untuk mengetahui product knowledge, Semen Indonesia, menginggat saat ini persaingan makin ketat dengan hadirnya pabrik-pabrik semen baru yang beroperasi di Jateng baik domestik maupun asing. “Kendati persaingan makin ketat dan kompetitif, kami optismistis peluang dan potensi pasar kami di Jateng masih sangat bagus, dan Semen Indonesia tetap menjadi market leader dengan penguasaan pasar 36 persen,” tuturnya.

Menurutnya banyaknya merk semen yang beredar akan semakin memperketat pasar. Masyarakat dihadapkan banyak pilihan, baik kualitas maupun harga, dalam hal ini masyarakat tidak perlu khawatir bahwa produk Semen Gresik memliki kualitas terbaik dan tetap menjadi primadona, terbukti dengan adanya perluasan bandara A yani dan pembangunan rumah susun serta infrastruktur lainnya. “Program loyalitas pelanggan ini adalah salah satu upaya Semen Indonesia untuk terus memberikan penghargaan setinggi-tingginya atas dukungan para mitra penjualan sehingga para mitra tidak hanya merasakan keuntungan karena kuatnya merk, dalam hal ini Semen Gresik, tapi juga mendapat manfaat lebih melalui program reward seperti hari ini,” ujarnya.

Guna meningkatkan penjualan, strategi penjualan dan pemasaran yang terukur terus dilakukan. Secara nasional, Semen Indonesia Grup mengukuhkan diri sebagai market leader dengan penguasaan pasar 44 persen. (tya/smu)