SEMARANG-Sedikitnya 5.480 hewan kurban kemarin disembelih di Kota Semarang pada Hari Raya Idul Adha 1436 H. Dari ribuan hewan kurban tersebut, sebanyak 20 ekor di antaranya diketahui terjangkit penyakit cacing hati.

Data Dinas Pertanian (Dispertan) Kota Semarang menyebutkan, sebanyak 5.480 ekor hewan kurban tersebut, terdiri atas 1.431 ekor sapi, 4.049 ekor kambing, 1.307 ekor domba, dan 16 ekor kerbau. “Pada pemeriksaan tadi ditemukan 20 ekor kambing dan sapi yang terjangkit penyakit cacing hati. Tapi pada musim kemarau ini, hasil pemeriksaan di lapangan banyak yang bagus,” ungkap Kasi Kesehatan Hewan, Dinas Pertanian Kota Semarang, Adhi Pyani Tri Yuliastuti kepada Jawa Pos Radar Semarang, Kamis (24/9) kemarin.

Dikatakan, hewan kurban yang terkena cacing hati tersebut belum diketahui berasal dari daerah mana. Namun demikian, pihaknya telah menginstruksikan supaya hati hewan kurban tersebut dilarang untuk dikonsumsi dengan alasan membahayakan kesehatan manusia.

“Kalau dikonsumsi, bahayanya telor cacing tersebut meletus dan pecah di dalam lambung manusia, sangat mengganggu kesehatan. Selain itu, hati manusia sendiri juga bisa terkena penyakit cacing hati. Sehingga warga kalau memasak daging harus yang benar. Harus betul-betul dimasak mendidih sampai 100 derajat celcius,” terangnya.