Lulusan Wajib Bermandat, Bermartabat dan Berani

227

SEMARANG – Lulusan perguruan tinggi (PT) mana pun, wajib memenuhi tiga syarat untuk bisa bersaing di dunia global maupun dalam lingkup ASEAN. Ketiga syarat tersebut antara lain bermandat, bermartabat, dan berani.

”Ada tiga predikat yang harus dipunyai oleh lulusan jika ingin terjun ke dunia kerja baik pada level ASEAN maupun global. Dengan tiga predikat tersebut, lulusan akan mampu memenangi persaingan. Tidak hanya lulusan kemaritiman saja,” kata Koordinator Kopertis Wilayah VI, DYP Sugiharto, di sela prosesi pelepasan lulusan di Sekolah Tinggi Maritim dan Transportasi (Stimart) AMNI, Rabu (23/9) kemarin.

Dia menyebutkan, untuk predikat bermandat lulusan, sepenuhnya ditentukan oleh dua syarat. Yakni, institusi dan program studinya sudah terakreditasi di Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), kemudian lulusannya terdaftar di PD-Dikti (Pangkalan Data-Pendidikan Tinggi) Kemenristek-Dikti.

”Jika sudah terakreditasi institusi dan program studinya, serta lulusannya sudah terdaftar di PD-Dikti, kelulusannya dinyatakan sudah legal atau sah. Dan dari catatan Kopertis (wilayah VI), lulusan Stimart-AMNI sudah memenuhi hal itu dan sudah layak disebut lulusan berpredikat bermandat,” katanya.

Sedangkan pada predikat bermartabat, lanjut dia, lulusan harus memiliki hardskill dan softskill. Untuk hardskill, lulusan dapat diukur dari prestasi akademiknya, kemudian untuk softskill, lulusan dapat diukur melalui seperangkat kemampuan yang memengaruhi keefektifan dalam berinteraksi dengan orang lain.

”Sedangkan untuk predikat berani, lulusan bisa diketahui dari bagaimana yang bersangkutan mengelola, menguasai dan melawan rasa takut. Bagaimana takut padahal yang seharusnya ditakuti dan tidak takut padahal yang memang seharusnya tidak ditakuti,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Stimart AMNI, Siswadi menyampaikan pada wisuda ke-52 kali ini melepas 520 orang lulusan yang terdiri atas 95 orang lulusan Program Keahlian Manajemen Transpor (S1), 154 lulusan Program Studi Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga (KPN), 149 lulusan Program Studi Nautika serta 122 lulusan dari Program Studi Teknika (D3). (ewb/ida/ce1)