BALAI KOTA – Tidak seperti biasanya, setiap tahun pengurus KORPRI Kota Semarang melaksanakan penyembelihan dan pembagian daging kurban di balai kota, tahun ini hewan kurban yang berasal dari SKPD di lingkungan Pemkot Semarang diserahkan ke masjid- masjid yang melaksanakan pemotongan dan pembagian daging kurban.

Hal ini diungkapkan Ketua Panitia Idul Kurban, Cahyo Bintarum dalam rapat bersama membahas pelaksanaan Idul Kurban, Selasa (22/9). Dalam rapat tersebut diputuskan untuk tahun ini KORPRI hanya menerima dan selanjutnya menyalurkan hewan kurban ke masjid-masjid besar yang berada di Kota Semarang.

Di antaranya Masjid Kauman, MAJT, Masjid Baiturahman, masjid sekitar balai kota, masjid sekitar Kantor Dharma Wanita, Panti Among Jiwo, dan musala-musala lainnya. ”Hal ini dilakukan agar masyarakat yang membutuhkan bisa menerima langsung sesuai syariat Islam yang ditentukan,” terang Kabag Humas Pemkot Semarang Achyani.

Tahun ini KORPRI telah menerima hewan kurban sapi sebanyak 12 ekor dan kambing 22 dari KORPRI di masing-masing SKPD Kota Semarang. ”Rencananya Pj Wali Kota Semarang Tavip Supriyanto akan menyerahkan ke MAJT hewan kurban berupa 2 ekor sapi ke Masjid Kauman setelah melakukan salat Idul Adha di halaman balai kota. Sedangkan Sekda Kota Semarang Adi Tri Hananto juga akan menyerahkan 2 ekor sapi ke MAJT,” terangnya.

Sedangkan untuk Masjid Baiturahman akan diserahkan oleh Ketua Panitia Idul Kurban KORPRI Kota Semarang Cahyo Bintarum. Selain itu jajaran pemkot juga akan melaksanakan salat Idul Adha di halaman balai kota, Kamis (24/9) pukul 06.00 dengan Imam dan Khatib Dr KH Muhammad Sulthon, MA (Sekretaris MUI Kota Semarang). Kegiatan ini terbuka bebas bagi masyarakat umum yang ingin salat bersama pj wali kota, muspida dapat hadir sesuai jadwal. (zal/ce1)