Empat Petenis Meja Jateng ke Kejuaraan Asia

339
DIANDALKAN INDONESIA: Donny Prasetyo, salah satu atlet Jateng yang akan tampil di Pattaya. (BASKORO S/JAWA POS RADAR SEMARANG)
DIANDALKAN INDONESIA: Donny Prasetyo, salah satu atlet Jateng yang akan tampil di Pattaya. (BASKORO S/JAWA POS RADAR SEMARANG)

SEMARANG – Empat petenis meja pelatda Jateng yakni Donny Prasetyo, Ceria Nilasari, Lilis Indriyani dan Ayuka Pratiwi akan mengikuti kejuaraan Asia di Pattaya Chonburi, Thailand, 26 September – 3 Oktober. Ceria dkk pun diharapkan dapat mematangkan permainan dari ajang tersebut.

Keempat petenis meja yang juga disiapkan tampil di PON 2016 ini masuk tim yang mewakili Indonesia. PB PTMSI juga memanggil enam petenis meja lain untuk ikut serta. Mereka adalah Gustin Dwi Jayanti dan Ficky Supit Santoso asal Jatim, Novita Oktariyani dari DKI Jakarta. Ditambah tiga petenis meja asal Kalsel, Gilang Ramadhon, Gilang Maulana dan Donald Jackson Paleba.

”Bagi kami ini, suatu kebanggaan para pemain Jateng diperhitungkan di level nasional. Hasil beberapa kejurnas dan even nasional, pemain kita memang menunjukkan perkembangan yang bagus. Kami harap, mereka tidak hanya sekadar berpartisipasi, tetapi juga harus berprestasi,” kata Kabid Binpres PTMSI Jateng, Dustamat Jayawiguna.

Meski demikian, dia tidak menampik bahwa persaingan di level Asia bakal ketat. Petenis meja dari Tiongkok dan Jepang masih menjadi yang tertangguh di Asia. Di Asia Tenggara, Vietnam, Singapura dan tuan rumah Thailand pun memiliki petenis meja yang tangguh. ”Meski tidak muda, para atlet tidak boleh patah semangat sebelum bertanding. Ambil sisi positifnya saja, kejuaraan Asia ini menjadi keuntungan tersendiri bagi para pemain. Mereka memperoleh kesempatan menimba pengalaman bersama pemain-pemain top Asia,” imbuh Dustamat.

Dalam kurun waktu 15 tahun terakhir, prestasi tenis meja Indonesia semakin meredup. Bahkan pada SEA Games XXVIII/2015 di Singapura, Juni lalu, Indonesia hanya mampu membawa pulang satu perunggu di nomor beregu putra setelah di final kalah dari Singapura. (smu)