Semestinya Dinikmati, Bukan Dijual

Gerindra Pikir-Pikir, PAN Tunggu Inisiator

137

SEMARANG – Niat anggota DPRD Jawa Tengah mengajukan hak interpelasi terhadap Gubernur Ganjar Pranowo terus bergulir. Meski begitu, suara dewan terbelah. Sebagian mendukung, namun sebagian yang lain menyarankan untuk tidak dilaksanakan.

Salah seorang anggota Fraksi Partai Gerindra DPRD Jateng Sriyanto Saputro mengatakan, hak interpelasi merupakan hak yang dimiliki anggota dewan untuk bertanya kepada gubernur atas tindakan yang dinilai bertentangan dengan ketentuan undang-undang. Kendati demikian, ia lebih memilih untuk tidak digunakan asal ada penjelasan yang lebih detail.

”Dalam kasus penjualan saham tol ini, kami akan meminta teman-teman yang di Komisi C untuk mengetahui jelasnya seperti apa. Syukur tanpa interpelasi (dapat) menjelaskan lebih detail,” ujarnya kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Sriyanto mengakui, dalam penjualan saham tol ini dewan tidak dapat sepenuhnya mengawasi karena terbentur Undang-Undang No 40 tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas (PT). Di mana direksi hanya wajib mendapat persetujuan dari Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) tanpa harus mendapat persetujuan dewan. ”Meskipun begitu, dewan ingin sepeser pun uang rakyat dipertanggungjawabkan. Jangan sampai kejadian serupa terulang ke depan,” imbuhnya.

Ia menambahkan, secara hukum formal alasan yang disampaikan gubernur dapat dibenarkan. Namun faktor penyertaan modal saham tol yang awalnya mendapat persetujuan dewan ternyata pada saat pelepasan tanpa melibatkan dewan.

”Apakah nanti kami (mengajukan) interpelasi atau tidak, kita lihat persoalannya dulu. Tidak ada yang tidak mungkin, kami bisa juga mendukungnya,” tandas legislator yang duduk di Komisi A itu.

Hal senada juga diungkapkan anggota Fraksi PAN DPRD Jateng Wahyudin Noor Aly. Ia menilai interpelasi adalah hak bertanya dewan ketika tidak mendapat jawaban. Untuk melakukan itu, harus ada pengusul yang mengajukan. ”Kemarin Komisi A sudah mulai menyuarakan. Kita dorong saja mereka. Kalau itu bagus kita dukung,” ujarnya.

Silakan beri komentar.