Para Pedagang Hewan Kurban Kesulitan Pakan

190

Kondisi saat ini berbeda dengan tahun lalu. Tahun lalu ia masih bisa membayar uang suruhan untuk mencari rumput setiap harinya. Sementara sekarang harus membeli pakan lantaran tidak ada rumput hijau yang tumbuh.

Untuk mencari jerami sendiri, Sulaiman harus berkeliling kendal mencari sawah yang sedang dipanen dan membeli jerami kering untuk pakan ternaknya. “Sedangkan untuk makanan tambahan, setidaknya membeli setengah kuintal bekatul untuk 80 ekor sapi yang ada dikandang.

Hal senada ditakatakan Suparyo, pedagang hewan kurban lainya. Akibat biaya tambahan membeli bekatul dan jerami kering, ia hanya mendapatkan keuntungan sedikit. “Kami juga tidak berani menaikan harga jual sapinya, terlebih yang dititipkan di kandangnya sebelum dikirim ke pembeli saat Idul Adha,” katanya.

Untuk harga jual sapi yang ada dikandang miliknya, Suparyo menjual antara Rp 15 juta hingga Rp 35 juta. Hingga dua pekan menjelang Idul Adha, dari 80 ekor sapi baru sekitar 25 sapi yang sudah terjual dan biasanya akan habis menjelang Idul Adha. (bud/zal)