SEMARANG – Lalulintas kereta api makin santer setelah dioperasikan jalur ganda. Praktis, penumpang pun terus bertambah, dari kelas eksekutif, bisnis, hingga ekonomi.

Manager Humas PT KAI Daops IV Semarang, Supriyanto menuturkan, sejak dioperasikannya jalur ganda KA, kata dia, lalu lintas perjalanan KA juga meningkat, baik dari arah Timur ke Barat maupun sebaliknya sehingga membuktikan minat masyarakat sangat tinggi. “Rata-rata perjalanan KA sebelum dioperasikannya double track belum terlalu maksimal, namun setelah ada jalur ganda ada 62 perjalanan KA setiap harinya,” ucapnya, kemarin.

Dikatakannya, total perjalanan KA yang melintasi Daops IV Semarang sekarang ini sudah mencapai 62 perjalanan KA setiap. Sementara KA milik Daops IV Semarang masih 12 KA. Meski begitu, untuk mempersiapkan derasnya arus setiap akhir tahu, teruama momentum Natal, Daops IV telah menyiapkan tambahan satu rangkaian KA yang terdiri dari delapan gerbong dengan kapasitas 800 penumpang

Hal itu merupakan salah satu cara untuk memenuhi target pendapatan KAI Daops IV Semarang yang tahun ini dipatok sebesar Rp 577 miliar. Hingga periode Agustus ini, kata Surpyanto, sudah tercapai sekitar 63 persen dari total target. “Pendapatan itu kan bukan hanya dari KA penumpang, melainkan juga KA barang dan pengoptimalan aset-aset milik PT KAI. Namun, kontribusi KA penumpang memang dominan, yakni 72 persen,” pungkasnya. (amh/smu)