WPS Terima Penghargaan

278

UNGARAN – Sebanyak 12 wanita pekerja seks (WPS) di kawasan Tegalrejo, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang mendapatkan penghargaan. Mereka dinilai bebas dari penyakit infeksi menular seksual (IMS), selama enam bulan berturut-turut. Pemberian penghargaan oleh sejumlah perusahaan kepada WPS tersebut juga bertujuan agar perusahaan peduli, sehingga mau memberi pelatihan bagi para WPS. Selain itu juga mau menerima WPS untuk bekerja di perusahaan tersebut.

Penghargaan diberikan sembilan perusahaan garmen dan tekstil besar di Kabupaten Semarang yang peduli untuk penanganan HIV/AIDS. Perusahaan tersebut antara lain PT Eka sandang duta, PT Nada surya tunggal, PT Buana Intisari Garment, PT Sumbiri, PT Pertiwi Indo Mas, PT Semarang Garment, PT Apac Inti, PT USG dan PT Hoplun. Dalam kegiatan tersebut dihadari Ketua KPA Kabupaten Semarang, Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi serta perwakilan dari P2HIV perusahaan.

Koordinator LSM SOKOGURU, Wahyu mengatakan, pemberian penghargaan bertujuan untuk memotivasi para WPS agar selalu menggunakan kondom dan rutin mengikuti pemeriksaaan IMS/HIV. Sehingga selalu terjaga kesehatan dan produktivitasnya. Selain itu diharapkan para WPS mulai melakukan penjajakan untuk alih profesi.

“Tujuan jangka panjang kami yakni untuk menjalin kerja sama antara paguyuban karaoke Tegalrejo dan tim P2HIV perusahaan. Sehingga nantinya perusahaan dapat membekali keterampilan dan membuka kesempatan kerja bagi WPS aktif maupun Eks WPS yang berniat alih profesi. Kegiatan seperti ini akan rutin diselenggarakan setiap 6 bulan sekali dan akan diperluas di tiga lokalisasi lainnya,” tutur Wahyu.

Perwakilan perusahaan peduli HIV/AIDS, Paryono dari PT NST mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan pemberian penghargaan bagi para WPS tersebut. “Kami sangat berterimakasih dapat tutur andil dalam kegiatan ini. Kegiatan seperti ini sebagai salah satu bentuk kepedulian untuk bersama-sama menangani HIV/AIDS,” kata Paryono. (tyo/fth)