SEMARANG – Atraksi aeromodelling dan permainan tradisional ‘Ngunduh Walet’ akan menyemarakkan puncak peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) Tingkat Jateng tahun 2015 di alun-alun Kabupaten Kebumen, Rabu (9/9) besok.

Menurut Sekretaris Panitia Eko Suprayitno, upacara peringatan Haornas sendiri akan dipimpin langsung oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mulai pukul 08.00 WIB. ”Ada atraksi aeromodelling persembahan dari atlet-atlet Jateng. Selain itu, ada tarian kolosal Ngunduh Walet yang diperagakan 150 penari. Seni ini terinspirasi dari kegiatan berburu sarang burung walet di Karangbolong, Kebumen. Ada perpaduan seni gerak dan melestarikan kearifan lokal,” kata Eko.

Dijelaskan dia, tema pada Haornas tahun ini adalah Gelorakan Budaya Olahraga Menuju Indonesia Hebat. Harapannya Haornas dijadikan momentum untuk meningkatan kegiatan olahraga sebagai budaya masyarakat.

”Masyarakat harus menjadikan olahraga sebagai budaya positif untuk membentuk karakter sesuai yang terkandung dalam filosofi olahraga. Sehat jasmani dan rohani dan membangun sikap fairplay,” kata Kasi Pengembangan Iptek Dinpora Jateng tersebut.

Berbagai kegiatan dalam rangkaian Haornas, kata dia, sudah dilakukan yaitu Tenis Lapangan Antarinstansi Piala Pemuda dan Olahraga di Kebumen, 24-27 Agustus lalu. Tampil sebagai juara Tim Provinsi Jateng, disusul Kabupaten Klaten dan Kebumen.

Kecuali itu, sambung dia, festival olahraga rekreasi yang juga dibarengkan HUT Provinsi di Banyumas, 21-23 Agustus lalu. Pada akhir September ini, juga digelar invitasi olahraga tradisional di Magelang. ”Kegiatan tersebut sebagai persiapan menghadapi festival olahraga rekreasi nasional,” imbuhnya. (bas/smu)